Rumah Seorang Petani Jledung Dilalap Api

Selasa, 14 Februari 2012 | 08:35 WIB


SARANG – Satu rumah milik Kasmu (31), seorang petani di RT 7 RW 4 Dusun Jledung Desa Tawangrejo, Kecamatan Sarang, dilaporkan ludes dilalap api, Senin (13/2) sekitar pukul 08.30 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rembang, Suharso, Selasa (14/2) mengatakan, si jago merah meludeskan rumah ukuran 6 x 9 meter senilai Rp20 juta dan sejumlah surat penting milik Kasmu senilai Rp28,3 juta. Api juga melahap satu set tempat tidur terbuat dari kayu, lemari, dan uang tunai senilai ratusan ribu.

Saat kebakaran terjadi, Kasmu sedang tidak berada di rumah. Ia sedang berada di sawah. Kobaran api yang menjalar cepat pun sulit dijinakkan, meski sejumlah tetangga Kasmu sempat berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

“Kebakaran diduga bersumber dari api obat nyamuk bakar yang diletakkan di atas kasur dan lupa dibereskan Kasmu sebelum berangkat ke sawah,” kata dia.
Atas kebakaran di Desa Tawangrejo tersebut, pihaknya mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dan memeriksa kondisi rumah sebelum meninggalkannya untuk bepergian. “Ini juga sebagai peringatan bahwa kebakaran tidak hanya terjadi pada musim kemarau, tetapi juga berpotensi di musim hujan,” kata dia.

BPBD Kabupaten Rembang, imbuh Suharso, akan berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia dan meneruskan laporan kepada Bupati Rembang. “PMI biasanya memberikan bantuan bagi korban kebakaran yang rumahnya ludes, sebesar Rp750 ribu,” kata dia. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan