Tiga Kecamatan di Rembang Diprediksi Lolos Kekeringan

Selasa, 9 September 2014 | 15:27 WIB
Embung Panohan Kecamatan Gunem. (Foto:Pujianto)

Embung Panohan Kecamatan Gunem. (Foto:Pujianto)

PANCUR, MataAirRadio.net – Tiga kecamatan di Kabupaten Rembang diprediksi lolos dari kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Tiga kecamatan itu adalah Rembang, Pancur, dan Pamotan. Meski demikian, warga di tiga kecamatan tersebut tetap diminta bijak dalam menggunakan air.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang Suharso mengaku sudah melakukan pemetaan daerah rawan kekeringan. Dia menyebut, kekeringan sudah terjadi di sejumlah kecamatan, terutama Kecamatan Kaliori, Sumber, Bulu, Lasem, dan Sedan.

Beberapa desa di lima kecamatan tersebut sudah mengajukan bantuan air bersih ke BPBD. Kecamatan lain seperti Sulang, Gunem, Sale, Kragan, Sarang, dan Sluke juga terpantau kekeringan, namun belum meminta kucuran bantuan air. Suharso berharap kekeringan tahun ini tidak berlangsung parah.

Berdasarkan pantauan di lapangan, warga di Kecamatan Rembang belum terdampak kekeringan. Pasokan air bersih masih aman karena bisa dipasok oleh PDAM. Di Kecamatan Pamotan pun masih relatif aman. Desa Segaramulya Pamotan yang biasanya sudah kering, kini juga masih menampung banyak air.

Kepala Desa Pancur Sunarto membenarkan pula bahwa kekeringan belum terjadi di wilayah kecamatannya. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu, air nyaris tidak pernah kurang di kecamatan ini. Sumber air di sumur pompa dan resapan lain milik warga, terpantau aman.

Demikian juga, tanaman palawija petani tampak masih hijau. Meski demikian, menurut Sunarto, warga tetap berhemat menggunakan air. Masyarakat pun diklaim cepat melakukan reboisasi pada setiap penebangan pohon. Ditambahkannya, warga Pancur kini juga aktif membuat bak tampungan air.

Sementara itu, hingga Selasa (9/9) ini, sudah sepuluh desa di Kabupaten Rembang yang mengajukan bantuan air bersih akibat kekeringan. Sepuluh desa itu adalah Desa Sambiyan dan Sidomulyo Kecamatan Kaliori, Desa Krikilan, Sumber, Logung, dan Pelemsari Kecamatan Sumber, Desa Dasun dan Tasiksono Kecamatan Lasem, Desa Jukung Kecamatan Bulu, serta Desa Lemahputih Kecamatan Sedan.

Kepala Seksi Logistik BPBD Rembang Ahmad Makruf mengatakan, sejauh ini bantuan air bersih masih dikaver oleh anggaran dari Pemkab. Bantuan serupa dari Bakorwil I Jawa Tengah kini disiapkan untuk langsung menyambung jika sewaktu-waktu diperlukan. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan