Polres Rembang Siapkan Regu Pengurai Kemacetan

Kamis, 1 Agustus 2013 | 14:25 WIB
Regu Pengurai Kemacetan Polres Rembang.

Regu Pengurai Kemacetan Polres Rembang.

REMBANG, MataAirRadio.net – Jajaran Kepolisian Resor Rembang menggelar apel pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2013, Kamis (1/8) pagi. Sebanyak 500 orang atau 2/3 dari kekuatan polres setempat dikerahkan untuk mengamankan Lebaran 2013.

Kapolres Rembang Ajun Komisaris Besar Polisi Adhy Fandy Ariyanto seusai apel menyebutkan, salah satu bagian pengamanan adalah unit pengurai sumber kemacetan baik akibat kecelakaan maupun pelanggaran. Menurutnya, unit trail disiapkan secara khusus untuk reaksi cepat pada saat arus lalu lintas mengalami kepadatan bahkan kemacetan.

Selain regu pengurai kemacetan, pihaknya juga menyiagakan sub satuan tugas reserse untuk melakukan deteksi dini, pencegahan, dan penegakan hukum serta bantuan umum. Menyambut arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, pihak kepolisian menyiagakan empat pos pengamanan dan dua pos pelayanan sepanjang Jalur Pantura Rembang. Pos tersebut siaga sejak Kamis (1/8) malam pukul 00.00 WIB.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, pihaknya memiliki 15 unit kendaraan jenis trail untuk regu pengurai kemacetan. Kendaraan tersebut siaga di Makolantas Polres Rembang dan Pos Lantas II Lasem.

Pada saat kemacetan atau tingkat kepadatan arus lalu lintas tinggi, maka regu bersepeda motor ini akan terlebih dahulu berangkat baru disusul jajaran Satuan Lalu Lintas.

Sementara untuk regu yang tergabung dalam sub satuan tugas reserse akan secara khusus menghalau tindak kejahatan jalanan yang berpotensi terjadi selama arus mudik dan balik Lebaran.

Mengenai bentuk antisipasi bentrok antarwarga sebagaimana yang terjadi antara Mojowarno dan Sambian Kaliori beberapa tahun silam, pihak kepolisian akan mengantisipasinya dengan mengandalkan peran serta masyarakat. Pentas hiburan menutup Lebaran seperti dangdut akan mendapat pengawasan dan penerbitan izin secara lebih ketat.

Pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2013 melibatkan pula unsur Satpol PP, Linmas, Pramuka, dan Palang Merah Indonesia atau PMI. Mereka akan bersiaga hingga hari kedelapan setelah Lebaran atau perayaan Idul Fitri. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan