Raperda BCB Masih Terganjal Naskah Akademik

Senin, 29 April 2013 | 16:19 WIB

 

Ilustrasi

Ilustrasi

REMBANG, MataAirRadio.net – Wacana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang untuk menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Benda Cagar Budaya (BCB) masih terganjal Naskah Akademik.

Kepala Bidang (Kabid) Budaya pada Dinas Kebudayaan Parisiwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Rembang Karsono kepada Reporter MataAir Radio Senin (29/4) siang mengatakan, saat ini tahapan Raperda BCB masih dalam tahap penggodokan dengan sejumlah narasumber dari Balai Arkeologi Yogyakarta dan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah.

Karsono juga menyebutkan untuk menyusun Naskah Akademik Raperda BCB, Pemkab Rembang berencana menggandeng Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Karsono juga menjelaskan, kebutuhan terhadap Perda BCB sangat mendesak untuk segera direalisasikan. Apalagi saat ini di wilayah Rembang telah ditemukan banyak situs atau tempat bersejarah.

Bahkan Karsono mengklaim bahwa Kabupaten Rembang merupakan satu-satunya daerah di Propinsi Jawa Tengah yang berani melangkah untuk menyusun Raperda BCB.

Karsono juga menambahkan, potensi situs atau tempat bersejarah di Rembang mencapai lebih dari 500 titik. Namun yang sudah dinyatakan untuk segera dilestarikan ada sebanyak 116 situs atau tempat bersejarah. (Afta Ahmad)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan