Bangunan Lima Puskesmas Pembantu di Rembang Segera Dirombak

Minggu, 24 November 2013 | 15:03 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Syofii. (Foto:rri.co.id)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Syofii. (Foto:rri.co.id)

REMBANG, MataAirRadio.net – Bangunan lima puskesmas pembantu di Kabupaten Rembang akan dirombak pada tahun depan karena kondisinya kini rusak berskala sedang hingga berat. Lima puskesmas pembantu atau pustu itu masing-masing di Japerejo Kecamatan Pamotan, Doropayung Kecamatan Pancur, Tegaldowo Kecamatan Gunem, Nglojo Kecamatan Sarang, dan Babadan Kecamatan Kaliori.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang Ali Syofii mengungkapkan, rehabilitasi terhadap bangunan kelima pustu tersebut akan dilakukan pada tahun depan. Anggarannya sudah disiapkan, termasuk untuk pembukaan unit rawat inap di Puskesmas Kaliori.

Menurut Ali, hampir semua puskesmas sudah dilakukan pembenahan pada tahun ini, kecuali Puskesmas Kragan II. Dia berharap, pembenahan puskesmas dan puskesmas pembantu dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat.

Ali menyebutkan, khusus untuk pembenahan terhadap lima puskesmas pembantu tersebut, akan dialokasi melalui dana alokasi khusus atau DAK 2014. Rencananya, setiap unit puskesmas pembantu akan digelontor anggaran masing-masing Rp198 juta.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan, sebenarnya dari 70 unit puskesmas pembantu di Kabupaten Rembang, tidak lima pustu saja yang memerlukan rehab kondisi bangunan. Hanya saja, pembenahan tidak bisa dilakukan secara serempak alias harus bertahap sesuai perencanaan dan ketersediaan anggaran.

Seiring penerapan program jaminan kesehatan nasional mulai 1 Januari 2014, kunjungan di puskesmas pembantu diperkirakan akan mengalami peningkatan. Hal itu apabila juga didasarkan pada tingkat kunjungan ke pustu pada saat-saat ini. Pembenahan pustu diharapkan memperbaiki kualitas layanan.

Ali menambahkan, rehabilitasi Puskesmas Sarang yang sempat tertunda di tahun 2013 juga akan dilanjutkan pada tahun depan. Seperti diketahui, rencana Pemkab Rembang membangun puskesmas berlantai dua di pinggir Pantura paling timur Jawa Tengah itu, tertunda karena gagal lelang.

Puskesmas yang menempati areal seluas 4.275 meter persegi rencananya sudah mulai dibangun Juni lalu. Pemkab sudah mengalokasikan dana Rp 4,2 miliar untuk pembangunan tahap pertama. Sebanyak 18 warung liar yang menempati areal tersebut juga sudah digusur untuk kepentingan pembangunan. (Pujianto)




One comment
  1. lansumarlan

    Desember 17, 2013 at 7:41 pm

    Kita sambut baik adanya program pembenahan puskesmas pembantu dikab rembang smoga bermanfaat bagi rakyat AMin

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan