PSIR Sulit Kembangkan Permainan Cepat

Selasa, 8 Januari 2013 | 17:48 WIB

REMBANG – MataAirRadio.net, Tim pelatih PSIR menyatakan sulit bagi timnya untuk menerapkan pola permainan cepat. Itu lantaran hampir semua pemain tidak memiliki daya tahan fisik yang memadai.

Pelatih PSIR, Haryanto kepada reporter MataAir Radio, Selasa (8/1) mengungkapkan, dari beberapa kali latihan fisik yang digelar, VO2Max atau kapasitas paru-paru dan jantung dalam mengangkut oksigen (O2) pada setiap pemain, diketahui masih rendah.

Menurut Haryanto, kapasitas paru-paru dan jantung dalam mengangkut oksigen (O2) pada setiap pemain paling tinggi hanya 51 mililiter per kilogram per menit. Padahal, idealnya 58 mililiter per kilogram per menit.

Ia menyebutkan, dua pemain yang memiliki VO2Max hingga 51 mililiter per kilogram per menit adalah Yoni Ustaf Buchori dan Suyono “Terong”.

Haryanto menjelaskan, latihan fisik yang berat seperti “speed”, “strength”, “endurance”, dan berbagai komponen latihan lainnya terus digenjotkan ke pemain sebelum kompetisi Indonesian Premier League musim 2013.

Jika pun VO2Max setiap pemain tidak mencapai ideal sehingga tidak cukup mendukung untuk permainan cepat, Haryanto mengatakan timnya masih akan tetap kompetitif.

Pelatih PSIR, Haryanto menambahkan, untuk mengoptimalkan ketahanan fisik para pemainnya, pihaknya akan memaksimalkan latihan fisik di gunung dan pantai.

Sampai dengan 8 Januari 2013, 25 pemain PSIR yang telah mencapai kesepakatan kontrak dengan manajemen Laskar Dampo Awang sudah dua kali menjalani latihan fisik di Pantai Caruban dan Pegunungan Kajar Lasem.

Secara khusus, Haryanto menyatakan, sudah menemukan kerangka tim untuk mengarungi Indonesian Premier League yang akan mulai diputar 9 Februari mendatang.

Sementara itu, PSIR akan memulai laga kandang yang belum ditentukan pasti di Stadion Krida Rembang, pada Minggu 17 Februari 2013, menjamu Persebaya Surabaya. Laskar Dampo Awang, julukan PSIR masih akan menjalani partai kandang pada Kamis 21 Februari 2013 menjamu Bontang FC sebelum kemudian bertandang ke markas Perseman Manokwari pada 27 Februari.

Selain Persebaya Surabaya dan Bontang FC, PSIR akan bersaing dengan kontestan lain yakni Persijap Jepara, Persiba Bantul, Semen Padang FC, Produta FC, Persiraja Banda Aceh, PSLS Lhokseumawe, Perseman Manokwari, PSM Makasar, Arema, Persija Jakarta, Persepar Palangkaraya, Persibo Bojonegoro, dan Persema Malang. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan