Pos Angkatan Laut Rembang Naik Kelas

Kamis, 17 Januari 2013 | 19:47 WIB
Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Sumadi mengukuhkan Posal Rembang

Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Sumadi mengukuhkan Posal Rembang

REMBANG – MataAirRadio.net, Pos Angkatan Laut (Posal) Rembang naik kelas dari kelas C menjadi kelas A atau melewati kelas B. Kenaikan kelas Posal Rembang tersebut dikukuhkan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut atau Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Sumadi, Kamis (17/1) pagi.

Dengan peresmian ini, maka Posal Rembang akan mengemban tugas pokok melaksanakan pengumpulan bahan keterangan dalam rangka penyelenggaraan fungsi intel maritim di daerahnya.

Selain itu Posal juga mempunyai fungsi melaksanakan pembinaan sarana prasarana pengamanan dan pengamatan terhadap aspek maritim setempat sesuai kemampuan yang dimiliki.

Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Sumadi menyebutkan, dengan kenaikan kelas tersebut, maka Pos Angkatan Laut Rembang akan memperoleh peningkatan alat utama sistem senjata (Alutsista), selain juga penambahan jumlah personel.

Ia mencontohkan, jika sebelumnya Posal Rembang hanya memiliki perahu karet dalam operasionalnya, maka akan ditingkatkan grade atau kualifikasinya menjadi kapal pantau.

Disinggung mengenai kemungkinan Posal Rembang naik tingkat lagi menjali Pangkalan TNI Angkatan Laut atau Lanal, Laksamana Pertama TNI Sumadi menyatakan, mungkin saja terjadi.

Namun ada sejumlah persyaratan agar sebuah Posal naik kelas menjadi Lanal. Syarat itu menurut Laksamana Pertama TNI Sumadi, adalah tantangan yang dihadapi dan tingkat kerawanannya.

Danlantamal V menambahkan, Perairan Laut Jawa cukup rawan oleh masuknya nelayan ilegal sehingga peluang Posal Rembang naik kelas menjadi Lanal, cukup memungkinkan.

Sementara itu, Bupati Rembang Mochammad Salim menyatakan, apabila Posal Rembang nantinya naik kelas menjadi Lanal, maka tidak akan menempati bangunan atau lokasi yang sekarang.

Salim menambahkan, jika nantinya telah memenuhi syarat, Pangkalan TNI Angkatan Laut akan ditempatkan di kawasan sekitar Pelabuhan Tanjung Bonang Sluke. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan