Coblosan Ulang Pilkades Tlogotunggal Gunakan DPT Lama

Kamis, 26 Desember 2013 | 16:06 WIB
Arif Dwi Sulistya menerima serah terima berkas terkait Pilkades Tlogotunggal dari panitia lama, Rabu (25 12) kemarin. (Foto:Puji)

Arif Dwi Sulistya menerima serah terima berkas terkait Pilkades Tlogotunggal dari panitia lama, Rabu (25 /12) kemarin. (Foto:Puji)

SUMBER, MataAirRadio.net – Pemungutan suara ulang pada Pilkades Tlogotunggal Kecamatan Sumber masih akan menggunakan daftar pemilih tetap atau DPT lama. Padahal sejumlah orang di DPT lama itu diketahui sudah meninggal dunia, sehingga rawan penyimpangan.

DPT pada Pilkades Tlogotunggal 12 November lalu memuat 2.561 pemilih. Namun dalam kurun satu bulan terakhir, ada sejumlah warga di tujuh pedukuhan yang diketahui telah meninggal dunia.

Ketua Panitia Pemungutan Suara Ulang Pilkades Tlogotunggal Arif Dwi Sulistya mengaku akan melibatkan perangkat desa dalam menyebarkan undangan kepada pemilih. Ketika pembagian undangan nyoblos itu, yang sudah meninggal tidak akan kebagian, sehingga kerawanan penyimpangan bisa ditekan.

Kamis (26/12) ini, panitia menurut Arif, sedang menyusun tata tertib coblosan ulang dan akan disosialisasikan kepada kedua calon beserta saksi pada Sabtu (28/12) depan. Arif juga menyebutkan, dana sisa pilkades lalu masih sebanyak Rp22,2 juta. Jumlah itu diyakini cukup untuk menggelar coblosan ulang dan operasional 27 orang panitia.

Penjabat Kepala Desa Tlogotunggal Purwadi mengungkapkan, situasi desa sampai dengan Kamis (26/12) siang masih kondusif. Diakuinya, sebagian warga menyayangkan sikap Bupati yang memutuskan tanggal pelaksanaan coblosan ulang, terlalu mepet.

Sejumlah warga juga mengaku kecewa dengan keputusan yang terkesan terlalu dipaksakan itu. Namun meski ada yang suka dan tidak terhadap keputusan tersebut, kubu kedua calon mulai bisa menerima keputusan tanggal coblosan ulang.

Hanya saja Purwadi memperkirakan, tingkat partisipasi pemilih pada pemungutan suara ulang nanti, tidak setinggi 12 November lalu. Faktor utamanya, banyak warga yang kini masih berada di luar Jawa untuk bekerja. Setelah panitia diambil alih pihak Pemkab Rembang, dia sendiri hanya bersifat membantu dan tidak mau terlalu banyak terbebani.

Sementara itu, Camat Sumber Heriyono mengatakan, setelah serah terima dari panitia lama kepada panitia baru Rabu (25/12) kemarin, kepanitiaan anyar langsung tancap gas. Sosialisasi coblosan ulang kepada warga akan dioptimalkan melalui siaran keliling. Pihaknya juga memastikan, surat suara sudah akan siap pada hari Minggu (29/12) ini.

Heri berharap agar warga Tlogotunggal menyukseskan pemungutan suara ulang ini dengan senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban. Seratusan aparat keamanan dari unsur polisi, tentara, dan pamong praja akan disiagakan untuk mengamankan coblosan ulang pada Senin 30 Desember nanti. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan