Ratusan Petani Belum Bisa Tanam Padi

Selasa, 5 Februari 2013 | 17:24 WIB
Akibat kekeringan petani Bitingan terancam tidak bisa tanam padi.

Kekeringan petani Bitingan terancam tidak bisa tanam padi.

SALE – MataAirRadio.net, Ratusan petani di Desa Bitingan dan Desa Tengger Kecamatan Sale belum bisa menanam padi, meski saat ini Kabupaten Rembang berlangsung musim penghujan.

Kastini, seorang petani asal Desa Bitingan kepada reporter MataAir Radio, Selasa (5/2) mengatakan, sudah sepekan ini tak turun hujan di desanya.

Padahal dana ratusan ribu rupiah telah dikeluarkan untuk menggarap sawah tadah hujan miliknya. Sementara benih padi yang disemainya telah berumur lebih dari satu bulan.

Lahan milik Kastini itu mulanya digarapkan, namun saat lahan sudah siap tanam, hujan tak turun. Akibatnya, ia dan petani lainnya belum bisa melanjutkan proses menggarap lahan dengan penanaman.

Menurut Kastini, untuk membuat persemaian dan mengolah lahannya, para petani terpaksa membabat tanaman jagung yang sebetulnya belum siap panen.

Sumari, seorang sesepuh asal Desa Bitingan Kecamatan Sale menuturkan, dalam hitungan jawa, tahun ini merupaka tahun Jumat Wage yang memang masuk dalam golongan sulit air.

Menurut Sumari, petani idealnya menanam padi pada Januari. Namun pada saat itu pun, petani belum bisa melakukan tanam padi lantaran persemaian benih belum cukup umur.

Sumari juga mengatakan, petani masa kini harus pandai membaca tanda-tanda alam dan musim. Ia menambahkan, walaupun untuk saat ini perhitungan musim atau pranata mangsa sudah tidak bisa diterapkan seiring perubahan iklim yang tidak menentu, tetap saja itu bisa dijadikan bahan pertimbangan. (Zamroni)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan