Polisi Buru Perusak Situs Austronesia Binangun

Rabu, 10 Juli 2013 | 14:55 WIB
Situs Austronesia

Situs Austronesia

LASEM, MataAirRadio.net – Aparat Kepolisian Sektor Lasem memburu seorang warga Desa Leran Kecamatan Sluke berinisial S. Pria berusia 20 tahun tersebut diduga sebagai pelaku perusakan Situs Rangka Manusia Austronesia di Pantai Binangun Lasem pada Minggu 7 Juli lalu.

Kapolsek Lasem Ajun Komisaris Polisi Ari Trestiawan yang dihubugi pada Rabu (10/7) pagi mengungkapkan, dari olah TKP atau tempat kejadian perkara dan pemeriksaan sejumlah saksi, pelaku perusakan mengarah pada S.

Namun dari informasi yang berkembang, yang bersangkutan gila. Meski demikian, polisi tidak akan percaya begitu saja. Begitu tertangkap, polisi tetap akan memeriksa kondisi kejiwaan pelaku. Saat ini dua buah batu besar yang digunakan pelaku untuk merusak situs, diamankan.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rembang Sunarto berharap polisi mengusut dan mengungkap tuntas kasus perusakan Situs Austronesia Binangun.

Sebab, situs tersebut menarik perhatian Balai Arkeologi Yogyakarta. Pasalnya, situs rangka manusia yang dirusak itu diklaim yang paling lengkap di Indonesia.

Jika informasi menyebut bahwa pelaku mengalami gangguan jiwa, tentu harus dibuktikan terlebih dahulu. Menurutnya, setiap perusakan situs sejarah perlu ditindak tegas. Apalagi sebelum kasus ini, perusakan Situs Megalitikum Terjan juga belum terungkap sampai sekarang.

Seperti diketahui, Situs Rangka Manusia Penutur Bahasa Austronesia yang telah ditempatkan di sebuah kotak kaca di Pantai Binangun Lasem dirusak seseorang pada Minggu 7 Juli 2013. Pelaku memecah kotak kaca dan rangka manusia tersebut sehingga tidak lagi berbentuk.

Rusaknya situs peninggalan 6,5 abad sebelum masehi itu, kali pertama diketahui Naryo, penjaga situs. Naryo mengabarkan perusakan situs kepada pihak Dinas Kebudayaan yang kemudian diteruskan ke Balai Arkeologi Yogyakarta. Selain itu, Naryo juga melaporkan kasus itu ke Polsek Lasem. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



One comment
  1. Pecinta Seni Rembang

    Juli 16, 2013 at 4:59 pm

    Petugasnya kemana Yaalah… 6.5 abad rusak tak kurang 1 menit.. waduh.. pengelolanya pada kemana…

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan