Penerima BLSM di Rembang Berkurang 116 Orang

Rabu, 28 Agustus 2013 | 16:19 WIB
Ilustrasi (Foto:iyaa.com)

Ilustrasi (Foto:iyaa.com)

REMBANG, MataAirRadio.net – Bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) tahap kedua di Kabupaten Rembang akan mulai disalurkan 2 September mendatang. Namun di penyaluran tahap kedua ini, ada pengurangan 116 orang penerima dari kuota sebelumnya.

Pos Master Kantor Pos Cabang Rembang Adriyanto Secodiwiryo yang dihubungi Rabu (28/8) siang mengungkapkan, BLSM tahap kedua akan disalurkan kepada 68.898 orang penerima yang berhak. Padahal kuota penerima BLSM untuk Kabupaten Rembang sebelumnya mencapai 69.014 orang.

Secodiwiryo menjelaskan, kartu perlindungan sosial (KPS) bagi 116 orang penerima itu dikembalikan ke Tim Nasional Program Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) Pusat. Belum jelas siapa penerima penggantinya.

Namun KPS yang dikembalikan itu karena penerimanya sudah meninggal dunia atau sudah pindah tempat tinggal. Saat ini, selain 116 itu, KPS sudah berada di tangan penerima dan tinggal ditukar dengan BLSM pada waktunya nanti.

Pos Master Kantor Pos Rembang menambahkan, pada penyaluran BLSM tahap kedua, pihaknya masih akan memanfaatkan kantor kecamatan. Hal itu jika di kecamatan setempat tidak tersedia kantor pos.

Secodiwiryo mengakui, berkaca pada penyaluran BLSM tahap pertama, koordinasinya dengan pemerintah desa dan kecamatan perlu diintensifkan. Koordinasi itu perlu dilakukan agar warga penerima BLSM segera datang ke tempat yang ditentukan untuk mencairkan dana BLSM.

Ia pun kembali menegaskan, kepala desa atau perangkat desa tidak dibenarkan mewakili penerima BLSM untuk mencairkan dana tersebut. Penerima wajib datang sendiri ke kantor pos atau kantor kecamatan untuk melakukan pencairan. BLSM tahap kedua dibayarkan untuk dua bulan sekaligus atau sebesar Rp300.000 per penerima.

Sementara itu, rencana Pemerintah Kabupaten Rembang untuk melakukan verifikasi ulang terhadap data hasil pendataan program perlindungan sosial atau PPLS 2011 belum dilakukan. Dengan demikian, selain 116 KPS yang dikembalikan Kantor Pos Rembang ke TNP2K Pusat, penerima BLSM tahap kedua ini sama dengan yang tahap pertama. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan