Pemkab Lalai Cek Puluhan Tabung Alat Pemadam Api Ringan

Rabu, 29 Agustus 2012 | 12:07 WIB
Apar yang terdapat di pojok ruang rapat paripurna DPRD Rembang. (Foto: Pujianto)

KOTA, mataairradio.net – Pemerintah Kabupaten Rembang lalai. Puluhan tabung alat pemadaman api ringan (Apar) yang dipasang di kantor-kantor di lingkungan pemkab setempat Rembang belum diperiksa kembali oleh petugas terkait.

Pantauan mataairradio.net, Rabu (29/8), sejumlah Apar yang seharusnya sudah diperiksa ulang pada 2008 karena diisi ulang pada 2007, hingga 29 Agustus 2012, tidak juga dicek.

Kondisi itu terbilang ironi di tengah maraknya kebakaran yang terjadi di Kabupaten Rembang. Setidaknya 20 kejadian kebakaran tercatat sepanjang 7-29 Agustus 2012.

Dikonfirmasi mengenai kelalaian ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rembang Hamzah Fatoni berjanji segera menegur dinas terkait.

“Pemeriksaan Apar menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum. Kami akan segera menegur petugas terkait untuk segera melakukan verifikasi dan pengecekan pada semua Apar di kantor SKPD,” katanya menjanjikan.

Ia mengakui, keberadaan Apar di setiap kantor, penting untuk penanganan awal peristiwa kebakaran. Apalagi, kedatangan armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian membutuhkan waktu.

Belum lagi, pengadaan armada damkar baru oleh Pemkab Rembang yang sedianya sudah akan tiba pada Mei, sampai akhir Agustus ini, belum juga jelas keberadaannya.

“Pengadaan mobil damkar baru senilai Rp1,6 miliar, sedang berjalan. Sekarang masih dalam tahap penyusunan dokumen lelang,” pungkas Hamzah. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan