Pemkab Gandeng PDAM Distribusikan Bantuan Air Bersih

Rabu, 11 Juli 2012 | 09:43 WIB

Droping bantuan air bersih di Rembang. (Foto: desamlagen.blogspot.com)

KOTA – Pemerintah Kabupaten Rembang menggandeng Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat untuk menyalurkan bantuan air bersih, baik dari Badan Koordinasi Wilayah I Jawa Tengah maupun dari pemkab.

Kepala Bagian Kesra pada Sekretariat Daerah Kabupaten Rembang, Abdullah, Rabu (11/7), mengatakan air bersih yang akan disalurkan kepada warga di daerah-daerah kekeringan merupakan air layak minum.

“Atas alasan kelayakan air, kami menggandeng PDAM. Bakorwil I Jawa Tengah maupun Pemkab Rembang nantinya akan membeli air dari PDAM untuk didistribusikan ke daerah sasaran. Nilainya per tangki ukuran 5.000 liter Rp160.000, sama dengan tahun lalu,” kata Abdullah.

Menurut dia, pada tahun ini, Pemkab Rembang akan menerima bantuan 750 tangki atau senilai dengan sekitar 3,75 juta liter air bersih dari Pemprov melalui Bakorwil I Jawa Tengah.

“Ada sembilan armada yang disiapkan untuk menyalurkan bantuan air bersih dari Bakorwil itu ke kawasan-kawasan yang telah menjadi prioritas penanganan krisis air bersih seperti beberapa desa di Kecamatan Sulang,” kata dia.

Selain itu, kata dia, Pemkab Rembang juga menganggarkan dana tak kurang dari Rp192juta untuk mengendalikan kekeringan pada musim kemarau tahun ini.

“Jika usulan Pemkab melalui BPBD berhasil, Rembang juga akan mendapat bantuan air bersih dari BNPB. BPBD mengusulkan bantuan sebanyak 2,85 liter air bersih ke BNPB,” katanya.

Abdullah menyebutkan, sudah ada lebih dari 60 desa di 12 kecamatan yang mengajukan bantuan air bersih kepada Pemkab Rembang, untuk mengurangi beban warga selama musim kering.

“Dalam setiap pengajuan, desa wajib mencantumkan jumlah kepala keluarga penerima, lokasi RT atau RW, dan estimasi waktu pengedropan air bersih,” jelas dia.

Ia menambahkan, menurut rencana, pengedropan bantuan air bersih dari Bakorwil I Jawa Tengah ke daerah-daerah yang dilanda kekeringan, akan mulai dilakukan pada 16 Juli 2012.

“Setelah distribusi bantuan air bersih dari Bakorwil sudah habis, kami akan langsung sambung dengan bantuan yang dari Pemkab,” imbuhnya. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan