Pemerintah Diminta Dorong Anak Muda Membuat Kelompok Tani

Rabu, 17 Oktober 2012 | 14:40 WIB

REMBANG – MataAirRadio.net – Pemerintah perlu mendukung anak-anak muda dengan membuat kelompok tani agar mereka mencintai dan mau turun ke dunia pertanian.

Demikian diungkapkan Ketua Koperasi Petani Tebu Rakyat Kabupaten Rembang, Maryono kepada MataAir Radio, Rabu (17/10) pagi.

Menurut Maryono, pemerintah perlu segera memberikan dukungan baik secara moral maupun material agar para anak muda kabupaten ini tidak menjauhi pertanian.

Apalagi, di benak kebanyakan pemuda kabupaten ini, pertanian selalu diidentikan dengan pekerjaan kasar. Padahal, kesan itu tak sepenuhnya benar.

Maryono yang juga Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Rembang menambahkan, bentuk dukungan lain untuk merangsang gariah anak muda agar mencintai pertanian adalah dengan inovasi dan mekanisasi.

Ia mencontohkan, membajak. Jika dahulu membajak biasa dilakukan dengan bajak tradisional yang ditarik sapi, sekarang mulai bergeser ke bajak modern misalnya traktor tangan.

Maryono mengakui, memang perlu kesabaran untuk membawa anak-anak muda kabupaten ini kembali ke pertanian. Ke depan, katanya, bukan tidak mungkin para anak muda itu akan tetap bisa berdandan necis saat berangkat hingga kembali dari lahan pertaniannya. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan