Bermasalah, DPU Bongkar Pembetonan Jalan Sekarsari-Megulung

Kamis, 5 Desember 2013 | 16:38 WIB
Perbaikan jalan dengan pembetonan sepanjang sekitar 185 meter pada ruas Sekarsari hingga Megulung. (Foto:mataairradio.net)

Perbaikan jalan dengan pembetonan sepanjang sekitar 185 meter pada ruas Sekarsari hingga Megulung. (Foto:mataairradio.net)

REMBANG, MataAirRadio.net – Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Rembang akhirnya membongkar bagian tengah jalan yang diperbaiki dengan pembetonan pada ruas Sekarsari hingga Megulung Kecamatan Sumber. Pembongkaran sekaligus penataan ini dilakukan setelah masyarakat menyoal kualitas pembetonan tersebut.

Warga sebelumnya menduga, ketinggian cor pada bagian tengah jalan tidak sama dengan bagian sisi kanan dan kiri. Bagian dasar pada tengah jalan diganjal dengan batu putih. Ini mengakibatkan ketinggian cor pada bagian tengah itu hanya sekitar 10-15 meter, sedangkan ketebalan pada sisi kanan dan kiri mencapai 20 centimeter, sesuai rencana.

Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Rembang Puji Santoso mengungkapkan, pembongkaran bagian tengah jalan beton di ruas Sekarsari-Megulung itu disampaikan pula oleh DPU di rapat komisi membahas APBD 2014. Di kesempatan itu juga terungkap, material jenis batu putih telah dikeluarkan dan dipakai untuk menguruk bahu jalan, sehingga tebal cor pada bagian tengah jalan kini sudah merata, sama-sama 20 centimeter.

Menurut Puji, pihak Dinas Pekerjaan Umum langsung melakukan pengecekan dan pembongkaran hingga jam sepuluh malam pada hari Rabu (4/12) kemarin. Pengawasan pada proyek perbaikan jalan oleh masyarakat dinilai penting untuk memastikan kualitas pembangunan terjaga dengan baik.

Apalagi, peningkatan jalan ruas antar-kecamatan dengan pembetonan untuk tahap awal, baru dilakukan pada 2013. Direncanakan, pada tahun depan, peningkatan jalan dengan cara serupa bakal dilanjutkan pada ruas lainnya.

Melalui kontrol semacam itu, kecorobohan dari pihak pelaksana proyek diharapkan tidak terulang. Karena proyek itu merupakan pekerjaan pihak ketiga, maka temuan tersebut sekaligus menjadi catatan tersendiri bagi Dinas Pekerjaan Umum. Pembetonan pada ruas jalan Sekarsari hingga Megulung memakan anggaran sekitar Rp200 juta.

Diberitakan sebelumnya, kualitas perbaikan jalan dengan pembetonan sepanjang sekitar 185 meter pada ruas Sekarsari hingga Megulung, dikeluhkan warga. Mereka menilai ketebalan pada pembetonan jalan itu tidak sesuai ketentuan. Semua bagian, baik sisi kanan, kiri, maupun tengah berketebalan cor hingga 20 centimeter.

Namun pada bagian tengah jalan, pengecorannya hanya setebal 10 hingga 15 centimeter. Bagian dasar pada tengah jalan, sebelumnya sengaja diuruk atau diganjal dengan batu putih. Warga khawatir kondisi tersebut bisa memicu kualitas perbaikan jalan menjadi tidak awet. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan