Semua Parpol Penuhi Kuota 30 Persen Perempuan

Senin, 22 April 2013 | 17:37 WIB
Sekjen DPC PKB Kabupaten Rembang H. Sumarsono Sugeng (berpeci) menyerahkan DCS partai tersebut ke Ketua KPU, Muhammad Affan, (Foto:Puji)

Sekjen DPC PKB Kabupaten Rembang H. Sumarsono Sugeng (berpeci) menyerahkan DCS partai tersebut ke Ketua KPU, Muhammad Affan, (Foto:Puji)

REMBANG, MataAirRadio.net – Pendaftaran bakal calon anggota legislatif untuk Pemilu 2014 di Kabupaten Rembang ditutup pada Senin 22 April 2013 pukul 16.00 WIB. Sebanyak 12 partai politik peserta Pemilu tercatat telah menyerahkan daftar caleg sementara atau DCS ke KPU Kabupaten Rembang.

Catatan yang dihimpun reporter MataAir Radio, jumlah total bakal caleg yang masuk dari 12 partai politik sebanyak 454 orang, terdiri atas 188 perempuan dan 266 laki-laki.

Sementara dari 12 partai politik itu, ada lima parpol yang tidak memenuhi kuota per dapil yakni PKPI yang hanya 15 bakal caleg, PBB 14, Hanura 34, PAN 32, dan Nasdem 44 bakal caleg.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Muhammad Affan kepada reporter radio ini mengatakan, ada kecenderungan sebagian besar partai politik memanfaatkan masa di akhir-akhir pendaftaran. Alasannya, menurut dia, lebih karena masih harus dilengkapinya sejumlah persyaratan seperti legalisasi ijazah dan hasil tes kesehatan.

Namun terkait dengan syarat keterwakilan 30 persen perempuan, Affan menyebutkan, hampir semua partai politik memenuhinya. Bahkan ada yang lebih dari 30 persen, seperti PKB yang mencapai 41 persen.

Ada empat partai politik yang menyerahkan DCS-nya pada masa akhir penutupan pendaftaran ke KPU Kabupaten Rembang yakni PKB, Gerindra, PKPI, dan Partai Golkar.

Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu dari Partai Kebangkitan Bangsa Arif Agung Cholili mengatakan, pihaknya menyerahkan 45 orang dalam DCS dengan tingkat keterwakilan perempuan lebih dari 40 persen.

Cholili mengklaim, keterwakilan perempuan di partainya tidak sekadar memenuhi aturan undang-undang, tetapi merupakan buah dari penggarapan serius guna mencapai target perolehan delapan kursi pada Pemilu 2014.

Sementara itu, Anggota Dewan Penasehat DPC Partai Gerindra Kabupaten Rembang Yudha Bagus Pratidina juga mengatakan, dari 45 orang dalam DCS telah memenuhi keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. Ia pun mengklaim, srikandi dari partainya siap bertarung pada Pemilu 2014.

Demikian pula Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kabupaten Rembang. Sekjen PKPI Rembang Maliki Nuruddin menyebutkan, kendati hanya menyerahkan 15 orang dalam DCS, keterwakilan perempuan tetap memenuhi kuota 30 persen.

Partai lainnya yakni Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Bulan Bintang, Partai Hanura, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Keadilan Sejahtera juga memenuhi keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan