Sebulan Panen, Harga Mangga Petani Langsung Turun

Jumat, 25 Oktober 2013 | 13:26 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

LASEM, MataAirRadio.net – Musim panen mangga di Kabupaten Rembang pada tahun ini, sudah berlangsung. Namun belum sebulan panen, harga mangga di tingkat petani sudah turun.

Jumat (25/10) pagi, MataAir Radio berkunjung ke salah satu sentra pengepul mangga di Kecamatan Lasem. Muhammad Nur Roni, seorang tengkulak mangga asal Desa Karasgede Kecamatan Lasem mengatakan, tiga hari ini harga beli di tingkat petani, turun dari Rp6.000 menjadi Rp4.500 per kilogram.

Menurutnya, pasokan mangga baik ke Pasar Induk Kramat Jati Jakarta maupun Bandung, sudah mulai banyak, sehingga harganya turun. Ia mengaku masih bisa mengirimkan 5,5-6 ton mangga jenis harum manis ke dua kota besar tersebut, setiap 3-4 hari sekali.

Selain pasokan mangga yang melimpah, menurut Roni, penurunan harga mangga juga turut dipengaruhi oleh kualitasnya. Kualitas mangga dari Rembang pada tahun ini tidak merata bagus, karena musim panennya mundur; dari biasanya Agustus menjadi pada September.

Agung Dwi Saputro, pengepul mangga lainnya juga asal Desa Karasgede menambahkan, secara populasi, jumlah pohon mangga di Rembang terpantau tidak banyak perubahan dibandingkan pada tahun lalu. Bahkan menurutnya, cenderung tetap. Hanya memang, dari produktivitas panen, agak terjadi penurunan karena sempat terganggu oleh kondisi cuaca.

Agung juga mengatakan, di sejumlah daerah penghasil mangga di Rembang, banyak yang gagal berbuah meski sempat berbunga lebat. Sebut saja di wilayah Sluke dan Kragan. Menurutnya, mayoritas bunga mangga rontok sebelum berbuah.

Dia pun membenarkan, harga mangga memang turun menjadi Rp4.500 per kilogram untuk kualitas A atau terbaik, dan Rp1.500 untuk kualitas biasa atau B. Namun Agung mengaku belum tahu harga terbaru buah mangga di kedua kota besar tujuan pasar tersebut.

Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang mencatat, populasi pohon mangga jenis gadung atau harum manis masih sebanyak 433.721 batang dengan produktivitas mencapai 5.400 ton per tahun.

Secara umum tanaman mangga tersebar di hampir semua wilayah kecamatan di Kabupaten Rembang, terutama Kecamatan Kragan, Sarang, Sluke, Lasem, Pancur, dan Sulang. (Nugroho Ghozali/ Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan