Belasan Hektare Padi Petani di Sale Dihajar Wereng

Rabu, 21 Agustus 2013 | 16:13 WIB
Ilistrasi. (Foto:Ilyas)

Ilistrasi. (Foto:Ilyas)

SALE, MataAirRadio.net – Belasan hektare lahan padi milik petani di wilayah Kecamatan Sale diserang hama wereng dalam kurun sebulan terakhir. Agus Salim, seorang petani di Dusun Kowang Desa Sale yang ditemui Rabu (21/8) pagi mengatakan, selain wereng, hama sundep dan potong leher juga menyerang tanaman padi petani di wilayahnya.

Selama ini, dirinya dan kebanyakan petani lain hanya bisa mengatasinya dengan menyemprotkan pestisida. Namun, upaya tersebut nyaris tidak mempan, sebab hama masih saja menyerang. Dirinya berharap, pihak terkait segera turun tangan mengatasi kegundahan yang sedang dihadapi para petani.

Tarni, petani lainnya juga mengatakan, petani masih belum menemukan solusi tepat mengatasi serangan hama wereng. Apalagi hama lembing tanah juga banyak ditemukan menyerang tanaman padi milik petani di desanya. Menurutnya, mayoritas tanaman padi milik petani diserang wereng. Jika hama tersebut tidak segera ditanggulangi, petani setempat terancam gagal panen.

Sementara itu, Koordinator Pengamat Hama Tanaman pada Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang, Sri Hartono mengatakan, serangan hama wereng bisa dicegah dengan menanam secara bergantian tanaman alias tidak melulu padi.

Mengenai penggunaan pestisida, petani bisa mengaksesnya ke Dinas Pertanian. Hanya saja karena banyak permintaan petani, pihaknya harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sri Hartono pun mengungkapkan, selain Sale, tanaman padi petani di wilayah Kecamatan Sedan dan Sarang juga diserang hama serupa. (Ilyas Almustofa)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan