Puluhan Hektare Tanaman Padi Diserang Penggerek Batang

Senin, 19 November 2012 | 15:44 WIB

Penggerek Batang

PAMOTAN – MataAirRadio.net, Puluhan hektar tanaman padi petani di Kecamatan Pamotan diserang hama penggerek batang. Ujung daun tanaman padi berubah warna menjadi putih dan bulir padinya kosong apabila diserang hama jenis ini.

Duryat, salah seorang pemilik tanaman padi yang terserang penggerek batang mengatakan, awalnya tanaman miliknya tumbuh normal. Namun, saat tanaman padinya mulai berisi, dahannya berwarna putih serta sebagian besar mengalami kompong.

Akibat serangan penggerek batang itu, Duryat menengarai setiap hektar lahan padinya, akan ada penyusutan hasil panen hingga 20 persen.

Dengarkan rekaman disini.

Menurut Duryat, ada sekitar 30 hektare lebih lahan padi di wilayahnya yang mengalami serangan serupa. Sejauh ini para petani belum mengetahui pasti langkah penanggulangan serangan hama itu.

Sementara itu, Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pamotan menyatakan, hama yang menyerang hampir mayoritas padi di wilayah Pamotan bukanlah bulai seperti yang sempat diduga petani, melainkan hama penggerak batang.

Kepala BPP Pamotan Nur Hadi menerangkan, bulai umumnya menyerang jagung, bukan padi. Karena itu, pihaknya berencana memberikan penyuluhan kepada petani atau kelompok tani di wilayah Pamotan, pada 27 November nanti.

Ciri-ciri tanaman padi yang diserang penggerek batang, antara lain daun paling pucuknya layu dan lama-kelamaan mengering, mudah dicabut, dan bulir padinya kopong.

Dengarkan rekaman disini.

Nur Hadi juga menekankan kepada petani, apabila ditemukan serangan organisme pengganggu tanaman, agar segera mengonfirmasi pihaknya untuk bantuan penanganan. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan