Natal, Pangkalan Truk Sendangasri Berjejal

Selasa, 25 Desember 2012 | 16:15 WIB

LASEM – MataAirRadio.net, Pangkalan truk Sendangasri di Kecamatan Lasem, Selasa (25/12) pagi, terpantau dijejali armada angkutan barang yang memilih parkir di Hari Natal 2012.

Berdasarkan pantauan reporter MataAir Radio, ada setidaknya 25 armada yang memilih mengandangkan armadanya untuk sementara di pangkalan berluasan 3,5 hektare itu, dan kebanyakan berasal dari Surabaya Jawa Timur dengan tujuan Jakarta dan luar Pulau Jawa.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rembang, Suyono menyatakan, memang ada peningkatan jumlah armada angkutan barang yang memanfaatkan pangkalan truk Sendangasri di Hari Natal ini.

Namun, ia menyebutkan, jumlah truk besar yang mampu ditampung pangkalan Sendangasri maksimal 35 armada dan rata-rata dari mereka sudah akan meninggalkan pangkalan pada Rabu (26/12) pagi.

Suyono juga menyebutkan, besarnya retribusi parkir di pangkalan truk Sendangasri ditentukan sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rembang, Suyono menambahkan, dengan dioperasikannya pangkalan truk Sendangasri per 1 November 2012, pihaknya berjanji akan menindak tegas pengemudi truk yang nekat memarkir armadanya di bahu jalan Jalur Pantura setempat.

Penindakan tersebut, menurut Suyono, akan dilakukan dengan melibatkan tim gabungan dari unsur kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat. Pihaknya pun berjanji akan mengambili beberapa batu besar uang selama ini diletakkan di depan sejumlah toko di wilayah Pantura Kecamatan Lasem.

Suyono juga mengatakan, secara perlahan para pengemudi truk angkutan barang akan memilih memarkir armadanya di pangkalan truk Sendangasri daripada di bahu jalan Jalur Pantura.

Untuk diketahui, meski sudah mulai dioperasionalkan per 1 November 2012 namun sampai dengan Desember ini, statusnya masih sebatas uji coba. Suyono menyebutkan, ditargetkan ada pendapatan daerah sebesar Rp300-400juta yang masuk dari pangkalan truk Sendangasri. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan