Masa Kampanye Calon Kades di Rembang Hanya Sehari

Jumat, 20 September 2013 | 13:44 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

REMBANG, MataAirRadio.net – Masa kampanye bagi calon kades pada pelaksanaan pilkades di Kabupaten Rembang ditentukan hanya satu hari, yakni setelah pengundian tanda gambar dilakukan. Kampanye itu pun dibatasi hanya sampai jam enam petang dan setelah itu semua atribut calon sudah tidak boleh lagi terpasang.

Akhsanudin, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang mengatakan, ketentuan tentang masa kampanye sudah disampaikan kepada setiap panitia pemilihan kepala desa. Menurutnya, dengan memberikan ruang kampanye hanya sehari, potensi ricuh akibat saling ejek pada masa tersebut akan bisa ditekan.

Pemkab memang sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian maupun TNI guna keperluan pengamanan pelaksanaan pilkades. Meskipun demikian, kerawanan terhadap konflik perlu dicegah sejak awal. Akhsanudin berharap, penerapan tiga zona penyelenggaraan pilkades, tidak merepotkan aktivitas pengamanan dari pihak yang berwajib.

Pelaksanaan kampanye calon kepala desa nantinya akan diawasi oleh tim pengawas di tingkat kecamatan dan dimonitor oleh tim di tingkat kabupaten. Gesekan dan ketegangan antarpara pendukung calon kepala desa menjadi salah satu yang diwaspadai dan perlu diminimalkan oleh Pemkab Rembang.

Akhsanudin menambahkan, penanggungjawab pengawasan tidak hanya dibebankan pada seorang camat, tetapi juga kepada kepala polsek dan komandan Koramil setempat. Pihaknya melalui APBD Perubahan 2013 sudah menganggarkan biaya untuk kegiatan pengawasan dan monitoring pelaksanaan pilkades.

Sementara itu, berdasarkan pantauan MataAir Radio, sampai dengan Jumat (20/9) siang, 238 desa yang akan menyelenggarakan pilkades pada November nanti, hampir sudah semuanya membentuk panitia pemilihan. Menurut jadwal, pendaftaran calon kepala desa akan dibuka sejak 30 September hingga 6 Oktober mendatang.

Meski masa pendaftaran masih cukup lama, namun loket pengurusan surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK mulai tampak diwarnai oleh permintaan dokumen tersebut dari para calon kepala desa, salah satunya dari Kecamatan Kragan. SKCK menjadi salah satu syarat yang harus dilampirkan dengan lamaran calon kades. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



One comment
  1. adib

    September 20, 2013 at 1:54 pm

    redaksi bisa minta tolong arsip perda rembang no 3 tahun 2013. tak cari2 tidak ketemu di internet,

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan