Mantan Bupati Rembang Akhirnya Dieksekusi

Jumat, 22 Februari 2013 | 17:52 WIB

REMBANG, MataAirRadio.net – Mantan Bupati Rembang periode 2000-2005 Hendarsono akhirnya dieksekusi oleh Kejaksaan Negeri Rembang, Jumat (22/2) pagi.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Rembang Ali Mukhtar mengungkapkan, Hendarsono memenuhi panggilan terakhir eksekusi setelah dua kali mangkir. Hendarsono datang pada sekitar pukul 09.00 WIB.

Selanjutnya, Hendarsono dijebloskan untuk menjalani hukuman di Rumah Tahanan Kelas II B Rembang sebagaimana putusan kasasi dari Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Menurut Kasi Pidsus Ali Mukhtar, Hendarsono datang memenuhi panggilan dengan didampingi penasehat hukum dan keluarganya. Menurut Ali, mantan Bupati Rembang ini tampak kurus.

Seperti diketahui, berdasarkan kutipan salinan putusan dari Mahkamah Agung Nomor 2242 K/Pid.Sus/2011, Hendarsono tetap dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama.

MA memutuskan menjatuhkan pidana penjara empat tahun denda Rp200 juta terhadap Hendarsono, dengan ketentuan apabila pidana denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama tiga bulan.

Putusan kasasi yang harus dilakoni Hendarsono ini lebih tinggi dibandingkan vonis hakim Pengadilan Negeri Rembang sebelumnya, yang hanya menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara dan denda Rp250 juta.

Hendarsono dinyatakan terlibat dan bersalah dalam kasus penyalahgunaan dana tak tersangka APBD Kabupaten Rembang 2004 sebesar Rp6,8 miliar. Hendarsono akan berusia 66 tahun pada 18 Maret mendatang. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan