Lupa Pasword Android, Ini Caranya!

Senin, 17 November 2014 | 09:01 WIB
Pasword pola pada smarphone Android. (Foto: bisikan.com)

Pasword pola pada smarphone Android. (Foto: bisikan.com)

 

mataairradio.com – Mengunci smartphone menggunakan password adalah cara yang cukup efektif untuk menghindari orang lain membaca data pribadi si pemilik. Pada smartphone Android, kata kunci yang tersedia dapat berupa angka atau pola yang diciptakan sendiri oleh pengguna.

Namun tak sedikit dari mereka yang sering lupa akan password pada perangkat miliknya, sehingga mengakibatkan perangkat tidak bisa diakses.

Selain karena lupa password, smartphone yang terkunci kemungkinan juga telah dibuka oleh orang lain dengan menggunakan password yang salah berulang kali sehingga terjadi pengeblokan. Dengan demikian, ketika pengguna memasukan password, smartphone akan terkunci dan tidak bisa digunakan.

1. Gunakan Fitur Forgot Password
Langkah ini hanya bisa dilakukan bagi smartphone yang `dipaksa` dibuka oleh orang lain dengan beberapa kali memasukan password yang salah. Caranya adalah dengan mengklik ‘Forgot password` atau `Pattern`. Kemudian, masukkan username dan password akun Google Anda dan tekan `Sign in`. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan smartphone Anda bisa mengakses internet, baik melalui koneksi WiFi atau paket kuota data internet.

2. Pakai Panggilan Telepon
Apabila smartphone Anda secara kebetulan tidak dapat mengakses jaringan internet, Anda tetap dapat mengatasi masalah password melalui panggilan telepon dari smartphone lain ke handphone  Android Anda yang bermasalah.

Selanjutnya, jawablah panggilan telepon itu dan jangan sampai ditutup. Tekan tombol ‘Home’ dan masuk ke menu `Setting`, kemudian aktifkan internet agar dapat memasukan password email dan bisa `Sign in` kembali. Jika Anda ingin membuat password yang baru, bisa membuatnya berupa pola kunci atau angka di menu `Setting`.

3. Factory Data Reset
Jika Anda benar-benar lupa password akun Google Anda, cara lain yang bisa dilakukan adalah factory data reset melalui `Android recovery`. Cara ini memungkinkan Anda untuk mengakses smartphone dan memperbarui ponsel. Pertama, matikan dulu handphone  Android Anda, kemudian tekan dan tahan tombol `Volume up` (untuk memperbesar suara) dan tombol `Power` secara bersamaan, lalu lepas setelah 3-5 detik.

4. Data/ Factory Reset
Anda bisa menekan tombol `Volume down` (untuk memperkecil suara) dan tombol `Power` dengan cara yang sama atau Anda dapat menggunakan kombinasi `Volume UP`, `Home` dan `Power`. Selanjutnya, masuk ke ‘Recovery mode’ pilih `Data/factory reset’.

Langkah terakhir, Anda dapat memilih `Reboot system now`. Cara ini akan memperbaiki masalah dan memungkinkan Anda untuk menggunakan telepon lagi.

 

Sumber : pricearea.com
Editor : Wahyu Salvana

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan