KUA-PPAS APBD Terlambat, Pembahasan Rawan Tak Cermat

Kamis, 28 Juni 2012 | 07:36 WIB
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rembang, Suwanto.

KOTA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rembang meminta pemerintah kabupaten setempat segera menyerahkan dokumen kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) yang menjadi dasar pembahasan rencana anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) 2013.

Menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rembang, Suwanto kepada suararembang, Kamis (28/6), idealnya dua minggu sebelum jadwal pembahasan yang ditentukan, dokumen KUA-PPAS APBD 2013 dari pemerintah kabupaten sudah masuk ke DPRD setempat.

“KUA-PPAS APBD 2013 dijadwalkan mulai dibahas pada akhir Juli 2012. Dan idealnya dua minggu sebelum itu, dokumen KUA-PPAS APBD 2013 sudah kami terima,” terang Suwanto.

Ketepatan diterimanya dokumen KUA-PPAS tersebut oleh DPRD, jelas politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu, bakal memengaruhi tingkat keefektifan pembahasan.

“Dalam membahas kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara itu diperlukan kecermatan dan ketelitian. Pembahasannya tentu butuh waktu yang cukup lama untuk mengkaji, memahami, dan menganalisa sehingga muatan-muatan yang terkandung dalam APBD nantinya menjadi cerminan kebutuhan daerah dan masyarakat, bukan malah sebaliknya,” tandas dia.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rembang dari Partai Golkar, Catur Winanto menambahkan jika terjadi keterlambatan masuknya KUA-PPAS APBD 2013 praktis akan memaksa anggota dewan untuk kerja lembur.

“Kami berharap itu tidak terjadi. Jika pun masuknya KUA-PPAS APBD 2013 molor, konsekuensinya ya kerja lembur,” kata dia menambahkan.

Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Rembang, Puji Santoso pun mengatakan, ketepatan masuknya KUA-PPAS APBD 2013, akan memicu legislatif dan eksekutif bekerja lebih maksimal.

“Apalagi, di tengah pembahasan APBD 2013 nanti, ada sejumlah rancangan peraturan daerah, baik yang berasal dari pemkab maupun inisiatif DPRD yang harus tuntas sebelum akhir tahun,” tandas dia.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang, Hari Susanto saat dikonfirmasi melalui layanan pesan singkat menyatakan KUA-PPAS APBD 2013 masih dalam proses.

“Masih digodok Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sebelum disampaikan ke Bupati. Kami optimistis pembahasan bisa berlangsung tepat waktu,” terang dia. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan