KPU Rembang Mulai Petakan TPS Pilgub 2013

Kamis, 6 Desember 2012 | 17:24 WIB

 

Ilustrasi

REMBANG – MataAirRadio.net, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tengah melakukan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) menyongsong Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2013.

Ketua KPU Kabupaten Rembang, Muhammad Affan kepada reporter MataAir Radio, Kamis (6/12) mengatakan, pemetaan TPS meliputi pemetaan jumlah pemilih di tiap-tiap rukun tetangga dan rukun warga untuk selanjutnya dikelompokkan dalam satu TPS dengan memperhatikan letak geografis.

Pemetaan TPS, tambah Affan, mengacu pada ketentuan dalam undang-undang pemilu yang menyebutkan jumlah pemilih dalam satu TPS maksimal 600 orang.

Namun karena keterbatasan anggaran dalam pelaksanakan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, KPU Provinsi Jateng memutuskan rentang jumlah pemilih per TPS antara 350 sampai 550 orang. Hal itu dilakukan agar nantinya semua pemilih mendapatkan akses kemudahan saat memberikan suara.

Dengarkan rekaman di sini.

Muhammad Affan menyebutkan proyeksi jumlah TPS di Kabupaten Rembang akan ada sebanyak 1.150 TPS. Namun, tambah Affan, jumlah tersebut masih dapat berubah sesuai dengan hasil pemetaan yang sudah dilakukan.

Dengarkan rekaman di sini.

Selain itu, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rembang juga melakukan Bimbingan Teknis (Bintek) pembentukan Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP), tata kelola keuangan, dan pemetaan (TPS) kepada semua panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Kabupaten Rembang pada Kamis (6/12) di Gedung Hijau Kompleks Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang.

Diharapkan, dengan bintek tersebut, penyelenggara pemilu di semua tingkatan di lingkup KPU Kabupaten Rembang dapat melaksanakan tugas secara optimal sehingga Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang rencananya akan digelar 26 Mei 2013, mendatang dapat berjalan sukses. (Muhtarom)




2 comments
  1. farulmut

    Desember 7, 2012 at 2:31 pm

    hebat kang tarong,sekali merengkuh dayung 2 pulau terlampui,,, disamping melakukan pemetaan sebagai PPK juga tetap meliput sebagai wartawan,,, bravo kang tarom

    Reply
  2. tahar

    Desember 27, 2012 at 5:16 pm

    asal jangan jadi yang……..

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan