KPU Kembalikan Berkas Daftar Bakal Caleg

Senin, 6 Mei 2013 | 15:39 WIB
Logo KPU

Logo KPU

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang mengembalikan hampir semua berkas daftar bakal caleg yang diajukan setiap partai politik. Dari hasil verifikasi, KPU menyatakan berkas-berkas itu masih ada kekurangan sehingga perlu dilengkapi atau diperbaiki.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang Ismail Husnan kepada reporter MataAir Radio, Senin (6/5) pagi mengatakan, kebanyakan dari berkas yang dikembalikan tersebut belum dilengkapi dokumen pendukung. Misalnya hasil tes kesehatan yang belum dilampirkan dan form yang tidak lengkap.

Meski demikian, menurut Ismail, masing-masing partai politik sudah relatif taat ketentuan, misalnya terkait ketentuan ijazah bakal caleg atau persyaratan kualifikasi pendidikannya.

Pihak KPU juga memastikan tidak adanya bakal caleg yang didaftar ganda oleh dua partai politik. Namun Ismail mengungkapkan, ada bakal caleg yang semula duduk sebagai anggota partai tertentu, namun kemudian maju melalui partai yang lain.

Pada kondisi yang seperti itu, pihak KPU Kabupaten Rembang mengaku tidak terlalu memprioritaskan verifikasinya atau lebih fokus pada bakal caleg yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD dari partai tertentu, namun akan maju melalui partai yang lain.

Ismail menambahkan, hasil verifikasi berkas bakal caleg ini akan disampaikan oleh KPU kepada masing-masing partai politik pada 8 Mei mendatang.

Setelah dikembalikan, KPU memberikan waktu 14 hari kepada setiap partai politik untuk melengkapi atau memperbaiki berkas dari bakal caleg yang bersangkutan. Menurut rencana, daftar caleg sementara atau DCS akan ditetapkan oleh komisi pemilihan umum pada Agustus mendatang. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan