Kasatlantas: Angkutan Barang Angkut Orang Langsung Ditilang

Selasa, 4 Desember 2012 | 19:32 WIB

REMBANG – Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Rembang mensinyalir masih banyak armada angkutan barang yang justru digunakan untuk mengangkut orang atau penumpang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Rembang Ajun Komisaris Polisi Dudi Pramudia, kepada reporter MataAir Radio, Selasa (4/12) menyatakan, pihaknya akan melakukan penindakan tegas apabila mendapati truk atau pick-up yang mengangkut penumpang.

Apalagi, kata Dudi, sampai dengan 11 Desember nanti, pihak kepolisian masih menggelar Operasi Zebra Candi sehingga diharapkan setiap pengemudi maupun pengendara, bisa lebih tertib.

Menurut Kasatlantas, armada angkutan barang yang digunakan untuk mengangkut orang atau penumpang, banyak dioperasionalkan untuk keperluan menuju tambak atau di daerah pegunungan dan yang demikian memang dikecualikan dalam undang-undang.

Namun, Kasatlantas menekankan, apabila ternyata di wilayah setempat ada kendaraan umum yang bisa dipakai, maka masyarakat wajib memilih menggunakannya, dan pelanggaran atas itu akan dilakukan penindakan dengan tilang.

Apalagi, Ajun Komisaris Polisi Dudi Pramudia menegaskan, dengan memilih menumpang angkutan barang, seseorang akan terancam keselamatannya dan terhalang haknya mendapatkan asuransi apabila sampai terjadi kecelakaan.

Insert : Berita Rembang – Kasatlantas: Angkutan Barang Angkut Orang Langsung Ditilang

Kasatlantas Polres Rembang Ajun Komisaris Polisi Dudi Pramudia menambahkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi dengan menyebarkan pamflet dan pengarahan melalui setiap kepolisian sektor.

Dengan demikian, jika sebuah kendaraan kedapatan melakukan pelanggaran hingga beberapa kali, pihaknya akan mengamankan langsung armada tersebut sebagai barang bukti.

Untuk mengambil kendaraan yang diamankan sebagai barang bukti tadi, terang Kasatlantas, seseorang harus menjalani sidang di pengadilan terlebih dahulu dan menandatangani surat pernyataan tidak akan mengulangi pelanggaran yang sama.

Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Rembang mencatat, armada angkutan barang yang justru digunakan mengangkut orang atau penumpang, masih banyak dijumpai di wilayah Kragan, Sarang, Lasem, Gunem, Sale, dan Bulu.

Kasatlantas mengimbau para pengemudi mobil bak terbuka agar taat aturan demi keselamatan bersama sesama pengguna jalan. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan