Kaliori-Batangan Segera Dibeton

Selasa, 21 Februari 2012 | 07:16 WIB


KALIORI – Pemerintah akan melakukan pembetonan jalan di jalur pantura sepanjang Kaliori-Batangan mulai April mendatang, karena selama ini ruas jalan tersebut cenderung mudah rusak.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Rembang Ajun Komisaris Polisi Dudi Pramudia, Selasa (21/2) mengatakan, rencana tersebut diketahuinya setelah melakukan koordinasi dengan UPT Dinas Bina Marga wilayah Pati belum lama ini.

“Pemerintah sudah menganggarkan betonisasi jalan di jalur pantura Kaliori-Batangan dan saat ini sudah memasuki tahapan pelelangan pekerjaan,” kata dia.

Kasatlantas mengaku sedang melakukan kajian untuk menekan tingkat kemacetan bilamana pembetonan jalan sudah dilakukan. “Kami tengah mengkaji kondisi jalur-jalur alternatif di antara ruas Batangan-Kaliori selama pembetonan jalan berlangsung. Pengalihan kendaraan melalui jalur alternatif kemungkinan akan kami berlakukan untuk kendaraan berukuran kecil hingga sedang,” kata dia.

Adapun kendaraan berat, kata Dudi, tetap akan diperbolehkan melintasi jalur pantura dengan sistem buka tutup. “Sebagaimana pembetonan jalan di Demak, dampak betonisasi biasanya cukup serius pada kelancaran lalu lintas. Namun, kami akan berupaya menekan tingkat kemacetannya nanti,” kata dia.

Menurut dia, berdasarkan catatan tentang pembetonan jalan, beton akan mengering dalam rentang waktu 21 hari setelah dibuat, sehingga pemandangan jalanan macet kemungkinan akan tersaji dalam waktu cukup lama.

Selain pembetonan jalan di jalur pantura Kaliori-Batangan, Pemerintah juga berencana melebarkan jembatan-jembatan kecil sepanjang Kaliori-Rembang. Ada setidaknya empat jembatan kecil di ruas jalan tersebut, kata dia menambahkan.

“Tak hanya jembatan-jembatan kecil di sepanjang Kaliori-Rembang, jembatan di jalur pantura Desa Temperak Kecamatan Sarang juga akan dilebarkan tahun ini,” kata dia.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Trengguli-Kudus-Pati dan Perbatasan Rembang, Suwito dihubungi melalui saluran telepon mengatakan, saat ini rencana pembetonan sudah memasuki tahapan pelelangan.

“Pembetonan akan dilakukan pada ruas sepanjang 12,7 kilometer, dimulai dari titik 90 kilometer dari Semarang atau dari Batangan hingga Kaliori,” kata dia.

Ia menambahkan, jika tahapan pelelangan lancar, maka pembetonan jalan di jalur pantura Batangan-Kaliori akan bisa dimulai awal April 2012. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan