Tiga Kades di Rembang Diusulkan Dicoret

Jumat, 20 Desember 2013 | 17:19 WIB
Daftar Pemilih Tetap  (Foto:Rif)

Daftar Calon Tetap (Foto:Rif)

REMBANG, MataAirRadio.net – Tiga kepala desa di Kabupaten Rembang diusulkan dicoret dari daftar calon tetap atau DCT Pemilu 2014. Mereka yang telah secara resmi dilantik sebagai kades pada 5 Desember lalu, dinilai sudah tidak memenuhi syarat masuk dalam DCT karena kepala desa dilarang berpolitik praktis.

Tiga kepala desa itu adalah Kunardi; Caleg Partai Amanat Nasional dan Kriswanto; Caleg Partai Golkar, keduanya dari Dapil Sarang-Sedan, dan Suhartono; Caleg PDIP dari Dapil Kaliori-Sumber. Selain itu, Caleg Partai Golkar dari Dapil Kragan-Sluke atas nama Ahmad Jahir Muzakha juga diusulkan dicoret karena yang bersangkutan mengundurkan diri.

Ketua Panwaslu Kabupaten Rembang Muchlis Ridlo mengaku sudah memberikan rekomendasi kepada KPU agar melakukan pencoretan terhadap para kades itu dari daftar calon tetap. Menurutnya, mumpung masih tersedia waktu untuk merevisinya sebelum pencetakan surat suara, KPU diharapkan segera melakukan tindak lanjut.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Minanus Suud mengonfirmasi, telah menerima surat dari Panwaslu terkait rekomendasi pencoretan caleg yang kini menjabat sebagai kepada desa maupun yang aktif sebagai pengurus PNPM atau Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat.

Menurut Suud, dari keempat calon anggota legislatif itu, hanya Kunardi yang surat rekomendasi dari parpolnya belum masuk ke KPU. Tanpa surat pengunduran diri dari caleg yang bersangkutan dan rekomendasi dari parpol, pencoretan tidak bisa serta merta dilakukan.

Khusus bagi caleg yang persyaratan pengunduran dirinya telah lengkap, KPU Kabupaten Rembang akan langsung mengoordinasikannya dengan KPU Provinsi Jawa Tengah dan Pusat. Koordinasi ditempuh terkait revisi master surat suara sebelum dicetak. Menurut Suud, KPU Pusat masih mungkin menerima usulan revisi sebelum 10 Januari 2014.

Berdasarkan penelusuran, Kunardi kini tercatat sebagai Kepala Desa Sambong, sedangkan Kriswanto tercatat sebagai Kepala Desa Lemah Putih Kecamatan Sedan. Sementara Suhartono kini menjabat sebagai Kepala Desa Megulung Kecamatan Sumber.

Selain Ahmad Jahir Muzakha, pengurus PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Pamotan atas nama Sri Fahrudin, sebelumnya juga mengajukan pengunduran diri sebagai Caleg Partai Hanura dari Dapil Pamotan-Sale. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan