Jembatan Randugunting Hanya Akan Ditambal Sulam

Sabtu, 11 Februari 2012 | 09:30 WIB


SUMBER – Pemerintah Kabupaten Rembang berusaha memperbaiki Jembatan Randugunting penghubung Dusun Sambong Desa Jatihadi, Kecamatan Sumber dengan Desa Sidoluhur, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati yang rusak karena diterjang banjir beberapa waktu lalu, meski hanya dengan ditambal sulam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang Suharso, Sabtu (11/2) mengatakan, jembatan kayu yang rusak tersebut dalam waktu dekat ini akan diupayakan untuk diperbaiki dengan penambalan kayu baru.

“Meski perbaikannya hanya tambal sulam, namun kami berharap bisa memperlancar akses antara dua desa di perbatasan Rembang dengan Pati itu,” kata dia.

Ia menambahkan, pihaknya juga sedang mencari solusi untuk meminimalkan longsor di sempadan sungai yang terjadi karena gerusan arus. “Gerusan itu harus diwaspadai sebab bisa meruntuhkan tebing sungai yang sudah berdekatan rumah warga,” kata dia.

Ia mengatakan, pembuatan talut permanen memang dibutuhkan, hanya saja membutuhkan biaya banyak. “Untuk penanganan darurat, kami telah minta desa untuk pembuatan branjang ataupun talut dari bambu. Sementara untuk penanganan permanen, kami telah memberikan rekomendasi ke DPU untuk dilakukan tindak lanjut,” kata dia.

Suharso menambahkan, selain di Randugunting, pihaknya juga melakukan pengawasan di permukiman warga yang berada di sungai Babagan, Lasem, dan Sungai Karanggeneng, Rembang.

Ia menyebutkan, rumah warga di dua sungai itu cenderung semakin berdekatan dengan bibir sungai. “Kalau arus deras dan melongsorkan bibir sungai, maka akan membahayakan penghuni rumah terdekat,” kata dia. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan