HIV/AIDS Hantui Ibu Rumah Tangga di Sale

Rabu, 10 April 2013 | 17:03 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

SALE, MataAirRadio.net – Jumlah penderita HIV/AIDS di Kecamatan Sale dalam kurun setahun terakhir mencapai setidaknya tujuh orang. Dari jumlah tersebut sebagian besar merupakan ibu rumah tangga.

Data yang dihimpun reporter MataAir Radio, Rabu (10/4) pagi menyebutkan, para ibu rumah tangga yang terjangkiti HIV dan telah hidup dengan AIDS diduga karena tertulari suaminya.

Seorang petugas di Puskesmas Sale Ali Ahmad Suwindy membenarkan sebagian besar mereka yang terserang HIV di kecamatan ini adalah ibu rumah tangga, baru disusul pekerja seks komersial, dan pekerja swasta.

Namun ketika dikonfirmasi mengenai angka pasti penderita HIV/AIDS di Kecamatan Sale secara akumulatif sampai dengan saat ini, Ali enggan membebernya.

Meski enggan mengungkapkan data secara akumulatif penderita HIV/AIDS di Kecamatan Sale, namun Ali membenarkan, penularan penyakit tersebut kepada ibu rumah tangga memang lebih karena perilaku menyimpang seksual dari sang suami.

Karena itu, saat berbincang dengan reporter radio ini, Ali mengimbau para laki-laki, khususnya yang sudah berumah tangga dan bekerja di luar kota agar tidak berganti-ganti pasangan.

Sementara itu, untuk mengantisipasi penularan penyakit mematikan tersebut, pihak Puskesmas Sale bekerjasama dengan sejumlah elemen masyarakat dan Koramil setempat melakukan “blusukan” ke desa-desa yang diduga rawan HIV/AIDS. Dalam kegiatan tersebut, warga mendapat penyuluhan dan informasi secara utuh mengenai HIV/AIDS. (Zamroni)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan