Harga Tinggi, Tembakau Luar Daerah Rawan Merembes

Minggu, 16 September 2012 | 07:03 WIB

REMBANG, mataairradio.net – Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) Kabupaten Rembang menyatakan tengah mewaspadai kemungkinan adanya rembesan tembakau dari luar daerah ke wilayah setempat.

Menurut Kepala Bidang Perkebunan pada Dintanhut Kabupaten Rembang, Yosophat Susilo Hadi, Ahad (16/9), kewaspadaan itu menyusul anjloknya harga bahan baku rokok itu di daerah lain.

“Sedari awal kami sudah menyatakan waspada atas dua hal. Tembakau kita lari ke luar daerah atau sebaliknya,” terang Susilo.

Ia menjelaskan, saat ini harga tembakau di luar daerah seperti Weleri dan Temanggung sedang terpuruk, sementara harga “emas hijau” petani itu cukup tinggi di Rembang.

“Harga tembakau di Weleri dan Temanggung, rata-rata tak lebih dari Rp20ribu per kilogram, sedangkan di Rembang rata-rata Rp32ribu. Pada kondisi demikian, tembakau luar daerah rawan merembes,” terangnya.

Susilo menyatakan segera turun lapangan guna melakukan pantauan menekan masuknya tembakau dari luar daerah. (Pujianto)

———-

mataairradio.net! satuspersen rembang




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan