Game Lingkungan Hidup Ini Ciptaan Ilmuwan Indonesia

Tuesday, 9 December 2014 | 00:34 WIB
Landscape Game menantang pemain untuk menjaga keseimbangan antara perkembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup. (foto:liputan6.com)

Landscape Game menantang pemain untuk menjaga keseimbangan antara perkembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup. (foto:liputan6.com)

 

mataairradio.com – Menambah wawasan dan pengetahuan bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari membaca buku hingga lewat internet. Namun ada cara lain yang lebih menarik, yakni edukasi melalui video game.

Center for International Forestry Research (CIFOR), sebuah organisasi penelitian di bidang kehutanan yang berpusat di Bogor, bekerjasama dengan Agate Studio merilis game tentang lingkungan hidup berjudul Landscape Game.

Dilansir dari liputan6.com, game ini menantang pemain untuk menjaga keseimbangan antara perkembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup. Landscape Game diciptakan oleh Herry Purnomo, seorang ilmuwan dari CIFOR.

“Game ini dibuat sebagai pembelajaran bagi siapapun yang ingin mengelola sumber daya alam secara baik,” ungkap Herry melalui keterangan tertulis yang kami terima dari Agate Studio.

Landscape game sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 2008. Awalnya game ini berupa board game, atau game fisik yang menggunakan papan permainan dan aksesoris seperti Monopoli. Landscape game sudah terkenal di kalangan akademisi, aktifis NGO (non-profit organization), dan komunitas yang peduli terhadap pelestarian hutan, bukan hanya di Indonesia saja, tapi di mancanegara.

Karena kewalahan dengan permintaan untuk Landscape Game dari luar negeri seperti dari Eropa dan Amerika Latin, CIFOR akhirnya membuat Landscape Game versi digital.

Tantangan permainan

Pada game ini pemain akan dihadapkan pada berbagai masalah, misalnya pemain harus memilih antara menebang pohon untuk keuntungan besar jangka pendek tapi berdampak buruk terhadap lingkungan, atau membuat wisma ramah lingkungan (eco-resort) dengan ROI (returm of investment) yang lebih lama namun tidak berdampak buruk bagi lingkungan.

Pemain juga bisa melakukan negosiasi dengan Pemerintah misalnya untuk membuat regulasi yang mendukung suatu sektor bisnis tertentu. Sistem dalam game ini cukup kompleks karena dibuat berdasarkan kondisi nyata di lapangan, dan dibuat dengan melibatkan berbagai ahli di bidang kehutanan.

Saat ini Landscape Game sudah dapat dimainkan oleh 1-4 pemain bersama-sama di perangkat berbasis Android atau langsung dimainkan secara online menggunakan web browser. Dan dalam waktu dekat game ini juga akan dirilis di platform iOS dan PC.

 

Sumber: liputan6.com
Editor: Arif Bahtiar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan