Facebook Versi Ringan Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

Saturday, 27 June 2015 | 12:25 WIB
Facebook Lite (Foto: Print Sreen Google Play Store)

Facebook Lite (Foto: Print Sreen Google Play Store)

 

mataairradio.com – Resmi diperkenalkan pada awal 2015, aplikasi Facebook Lite akhirnya diluncurkan di Indonesia. Mulai Kamis (25/6/2015), aplikasi yang ditargetkan untuk smartphone Android low-end itu sudah tersedia secara gratis di Google Play Store Indonesia.

“Kami sangat gembira untuk merilis Facebook Lite di Indonesia hari ini,” kata Vijay Shankar, Product Manager Facebook Lite, di acara pengenalan aplikasi tersebut di Jakarta, Kamis (25/6/2015).

Seperti dilansir dari laman tekno.kompas.com, tim Facebook Lite mengklaim telah mendesain aplikasi yang sangat ringan sehingga ia sangat cocok digunakan di perangkat Android low-end sekalipun.

Lebih lanjut, Shankar menyatakan bahwa perangkat Android low-end sebenarnya memang bisa digunakan untuk membuka aplikasi Facebook original.

Namun, dengan begitu banyak fitur yang dipasangkan, aplikasi original bisa sangat memberatkan sistem. Oleh karena itu, pengguna Android low-end yang ingin tetap mengakses Facebook secara nyaman disarankan untuk memakai versi Lite-nya.

“Facebook Lite luar biasa kencang,” ujar Shankar.

Facebook Lite juga melakukan berbagai macam kompresi, terutama di sisi gambar, agar bandwidth internet yang digunakan tidak terlalu banyak.

Selain itu, Facebook Lite hadir dengan memori instalasi yang sangat kecil, hanya sekitar 430 KB, membuatnya tidak memberatkan kapasitas penyimpanan.

“Anda tidak perlu lagi menghapus aplikasi lain, jika memori kepenuhan,” tutur Shankar.

Meski hadir lebih ringan dan lebih kecil dari versi original, Shankar menyatakan bahwa pengguna Facebook Lite akan mendapatkan pengalaman yang tidak jauh berbeda. Fungsi-fungsi dasar Facebook, seperti unggah status, foto, memberikan komentar, dan membagikan tautan berita.

Hanya saja, saat ini aplikasi Facebook Lite belum bisa digunakan untuk memutar video.

“Video dapat memberatkan aplikasi dan juga menyedot internet dengan cukup besar. Oleh karena itu, kami belum menghadirkan fitur tersebut,” bebernya.

Facebook Lite merupakan versi penyederhanaan dari situs mobile Facebook yang pernah digunakan pada tahun 2009-2010 lalu.

Namun Facebook menambahkan beberapa fungsi modern, seperti push notification serta integrasi aplikasi dengan kamera di ponsel agar pengalaman yang didapat pengguna menyerupai aplikasi Facebook di smartphone premium.

Saat ini, Facebook Lite memang baru tersedia di Android saja. Akan tetapi, Shankar tidak menutup kemungkinan, aplikasi tersebut bakal hadir jua di platform lain.

 

Sumber: tekno.kompas.com
Editor: Arif Bahtiar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan