e-KTP Tiga Kecamatan Sudah Jadi, Tinggal Aktivasi

Kamis, 13 September 2012 | 10:30 WIB
Ilustrasi.

REMBANG, mataairradio.net – Sebanyak 12.497 lembar kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) untuk warga tiga kecamatan di Kabupaten Rembang sudah dicetak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun, ribuan KTP milik warga di Kecamatan Sarang, Kragan, dan Pamotan itu belum bisa dibagikan.

Kepala Bidang Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinpendukcapil) Kabupaten Rembang, Ismail kepada mataairradio.net, Kamis (13/9), menjelaskan, pihaknya masih menanti petunjuk teknis (juknis) dari Pemerintah Pusat sebelum membaginya.

“Sembari menanti juknis dari Pemerintah Pusat, e-KTP yang sudah jadi dan dikirim dari Kemendagri, disimpan di masing-masing kecamatan terlebih dahulu,” katanya.

Ismail menyebutkan secara terperinci bahwa, sebanyak 12.497 lembar e-KTP itu dikirim untuk sebanyak 4.999 warga di Kecamatan Sarang, 5.000 lembar untuk warga kecamatan Kragan, dan sebanyak 2.498 lembar untuk warga Kecamatan Pamotan.

Ia mengungkapkan, pencetakan e-KTP di tingkat Pusat memang tidak bisa serentak dilakukan. Alasannya, petugas di tingkat Pusat mencetak berdasarkan data yang sudah masuk terlebih dulu.

Pihaknya hingga kini masih menunggu pengiriman sisa e-KTP sembari terus merampungkan proses perekaman data di tingkat kecamatan.

Ia juga mengungkapkan, ada tiga kecamatan yang belum merampungkan proses perekaman data yakni Rembang, Kragan dan Lasem.

Adapun sebelas kecamatan lainnya kini melakukan penyisiran warganya yang belum datang mengikuti perekaman di kantor kecamatan, katanya.

“Wajib KTP yang sudah melakukan perekaman data e-KTP sudah 387.535 jiwa atau 84,55 persen dari kuota e-KTP versi Kemendagri yang 504.635 warga,” katanya.

Ismail juga mengatakan, e-KTP yang sudah tercetak tersebut saat ini belum bisa diaktivasi. Sebab belum ada chip identitas masing-masing warga yang tertanam di masing-masing lembar kartu identitas baru milik warga itu.

“Setelah diaktivasi dan juknis Pemerintah Pusat dikirim, kartu identitas akan segera dibagikan. Sementara untuk KTP lama nanti akan ditarik oleh petugas,” pungkasnya. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan