Ditetapkan Ulang, DPT Rembang Susut 854 Pemilih

Sabtu, 12 Oktober 2013 | 15:22 WIB
Ketua KPU Rembang Muhammad Affan

Ketua KPU Rembang Muhammad Affan

REMBANG, MataAirRadio.net – Jumlah warga yang terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2014 di Kabupaten Rembang ditetapkan berkurang sebanyak 854 orang dalam penetapan ulang DPT oleh KPU setempat, Sabtu (12/10) siang.

12 September kemarin, KPU Rembang menetapkan jumlah pemilih dalam DPT Pemilu 2014 mencapai 478.702 orang. Namun di penetapan ulang DPT kali ini, jumlah pemilih yang terdaftar menjadi hanya 477.848 orang. Ketua KPU Rembang Muhammad Affan menetapkan DPT Pemilu 2014 di kabupaten ini melalui rapat pleno di Kantor KPU setempat.

Tidak semua perwakilan partai politik hadir pada penetapan ulang DPT tersebut. Namun dari 12 partai politik, perwakilan yang hadir lebih dari separuh. Pihak Panwaslu Kabupaten Rembang juga tampak di rapat itu. Menurut Affan, penetapan ulang DPT itu merupakan amanat dari KPU Pusat dan sebelum ditetapkan telah dilakukan perbaikan selama satu bulan.

KPU Rembang menyebutkan, berkurangnya jumlah pemilih dalam DPT yang ditetapkan ulang itu antara lain karena diduga ganda, pindah status atau domisili, dan telah meninggal dunia. Pemilih pengidap gangguan jiwa nyaris tidak ada yang lolos karena sudah dihapus dari daftar pemilih tetap pada penetapan DPT sebulan lalu.

Salinan setiap nama pemilih dalam DPT yang baru saja ditetapkan, selanjutnya akan dibagikan kepada setiap partai politik peserta Pemilu 2014 pada rentang waktu, tanggal 14-17 Oktober mendatang. Pihak Panwaslu Kabupaten Rembang pun akan mendapat kopi yang sama.

Meski sudah ditetapkan, penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU tetap melakukan pemeliharaan terhadap DPT. Perawatan ini dilakukan dengan mencoret nama pemilih yang kemudian meninggal dunia atau alih status dari warga sipil ke TNI/Polri.

Sementara apabila ada pemilih pemula yang kemudian belum terdaftar, KPU Rembang akan mengusulkannya ke KPU Provinsi Jawa Tengah untuk diambil keputusan; masuk atau tidak. Dalam kesempatan penetapan ulang DPT tersebut, KPU Rembang juga menyosialisasikan PKPU tentang Kampanye.

Sebelum penetapan ulang DPT Pemilu 2014 di Kabupaten Rembang, sempat ada masukan dari Panwaslu kabupaten setempat terkait tidak lengkapnya nomor kartu keluarga atas sejumlah nama pemilih di Desa Sekarsari Kecamatan Sumber. Beberapa pemilih di desa itu memiliki nomor kartu keluarga dengan hanya enam digit, dari 16 digit yang seharusnya.

Atas masukan itu, KPU Rembang menindaklanjutinya dan memang benar ada temuan semacam itu. Dan dari PPK Sumber berikut PPS desa setempat siap memperbaikinya sehingga lengkap. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan