Dinas Yakini KSP Assalam Bina Sejahtera Sakit

Senin, 11 Juni 2012 | 01:36 WIB


KRAGAN – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang meyakini Koperasi Simpan Pinjam Assalam Bina Sejahtera (ABS) yang berkedudukan di Dusun Blandok Desa Pandangan Kulon, Kecamatan Kragan, tidak sehat alias sakit.

Kepala Dinperindagkop dan UMKM Kabupaten Rembang, Muntoha, Jumat (8/6) menyebutkan ketidaksehatan koperasi yang sempat memiliki aset hampir Rp4 miliar tersebut sudah pernah ditangani pihaknya.

“Dari penanganan ketika itu ditengarai ada kecemburuan dan penyelewengan yang dilakukan oleh pengurus sehingga mengakibatkan kondisi keuangan koperasi menjadi tidak sehat,” terang dia.

Menurut Muntoha, pihaknya sudah melakukan pembinaan terhadap koperasi yang ditengarai mulai sakit-sakitan sejak 2011 silam itu.

“Mengenai suntikan dana untuk penyelamatan, dari pihak Pemkab Rembang memang belum pernah. Namun, Koperasi ABS sudah pernah mendapatkan suntikan dana Rp100 juta dari Kementerian Koperasi pada 2007 silam,” ungkap Muntoha.

Pihaknya mempersilakan pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus dugaan penyimpangan dana nasabah KSP ABS tersebut. “Karena sudah ditangani pihak kepolisian ya silakan diteruskan hingga semuanya jelas,” katanya.

Ia menjelaskan, sebenarnya sehat atau tidaknya sebuah koperasi akan bisa dilihat secara benar melalui laporan keuangan yang mestinya dilaporkan kepada pihak Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM per triwulan atau setidaknya per tahun sebagai salinan dari Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“Namun, pada kenyataannya tidak semua koperasi mau melaporkan kegiatan dan keuangannya kepada kami. Ini yang merepotkan. Sementara, jika kami harus turun langsung ke setiap koperasi untuk memintanya, tenaga yang ada di kami terbatas,” kilahnya.

Disebutkan, saat ini jumlah koperasi di Kabupaten Rembang mencapai 532 koperasi, namun sebagian besar tidak menggelar RAT setiap tahunnya. “Karena tidak menggelar RAT, kami kesulitan mengetahui sehat atau tidaknya koperasi yang bersangkutan,” tandas Muntoha. (Puji)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan