Mayoritas Pelamar CPNS Minati Lowongan di Provinsi

Sabtu, 28 September 2013 | 14:44 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

REMBANG, MataAirRadio.net – Mayoritas pelamar calon pegawai negeri sipil dari Kabupaten Rembang meminati lowongan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Itu dilihat dari tujuan surat dan dokumen yang dikirimkan para pelamar.

Berdasarkan pantauan, sampai dengan hari Sabtu (28/9) ini, lamaran masih terus mengalir melalui Kantor Pos Cabang Rembang. Kepala Kantor Pos Cabang Rembang Adriyanto Secodiwiryo menyebutkan, dalam seminggu terakhir ini, pihaknya mengirimkan sekitar 375 pucuk surat lamaran dari warga kabupaten ini.

Minat pelamar untuk mengisi lowongan CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memang cukup tinggi. Selain itu, lowongan di lingkungan Pemerintah Pusat dan lokal seperti Kudus serta di luar Pulau Jawa seperti Medan dan Lampung Barat, juga diminati.

Menurutnya, gelombang kiriman lamaran diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Senin (30/9) depan. Pihaknya menambah satu lagi loket pelayanan untuk mengantisipasi lonjakan kiriman lamaran. Umumnya pelamar memanfaatkan layanan kiriman secara ekspres atau satu hari sampai, dengan ongkos sekitar Rp18.500 untuk regional, dan hingga Rp20.000 untuk luar Pulau Jawa.

Sementara itu, di lingkungan Kepolisian Resor Rembang, jumlah pemohon surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK juga masih cukup ramai. Kepala Satuan Intelkam Polres Rembang AKP Antonius Wiyono menyebutkan ada sekitar 125 orang pemohon SKCK pada setiap harinya dalam seminggu terakhir ini.

Menurutnya, selain untuk keperluan melamar lowongan calon pegawai negeri sipil, pemohon untuk persyaratan pekerjaan lain dan syarat mencalonkan diri sebagai kepala desa, juga cukup banyak.

Pemohon SKCK dipersyaratkan untuk menyertakan kartu tanda penduduk yang masih berlaku, kartu keluarga, foto diri, akta kelahiran, dan rekomendasi dari polsek. Rekomendasi dari polsek diperlukan untuk memastikan bahwa pemohon tidak sedang tersangkut tindak pidana dan kriminal. Biaya pembuatan SKCK ditentukan sebesar Rp10.000 per orang dan disertai kuitansi atau bukti pembayaran.

Kasat Intelkam Polres Rembang membenarkan, sebagian besar pemohon untuk melamar CPNS ke luar daerah. Sebagian diantaranya juga mengincar CPNS yang ada di lingkungan kantor kementerian di Jakarta. Pihaknya mengaku selektif dalam penerbitan SKCK. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan