“Beli” Surat Undangan Coblosan, Anggota Timses Pilkades Diamankan

Tuesday, 12 November 2013 | 14:35 WIB
Pelaksanaan pemilihan kepala desa atau pilkades di Desa Sumberjo, Kecamatan Rembang. (Foto:Husna)

Pelaksanaan pemilihan kepala desa atau pilkades di Desa Sumberjo, Kecamatan Rembang. (Foto:Husna)

SUMBER, MataAirRadio.net – Pelaksanaan pemilihan kepala desa atau pilkades di zona bagian barat Kabupaten Rembang diwarnai insiden. Sebelum pelaksanaan coblosan pada Selasa (12/11) pagi, malam harinya sempat terjadi ketegangan di Desa Jadi Kecamatan Sumber.

Ketegangan bermula ketika Sudadi, salah satu anggota tim sukses seorang calon kades di desa itu, “membeli” surat undangan coblosan dari beberapa warga yang diduga pendukung calon lain. Dengan “membeli” surat undangan itu, seseorang menjadi tidak bisa datang ke tempat pemungutan suara, untuk nyoblos.

Namun aksi itu dipergoki tim sukses calon kades lainnya. Sudadi akhirnya ditangkap dan diamankan ke balai desa setempat. Akibat penangkapan itu, massa dua kubu sempat memanas. Untuk menghindari aksi anarkhis yang tak diinginkan, warga bersama petugas keamanan menitipkan Sudadi di Mapolsek Sumber. Untuk diketahui, Pilkades Jadi diikuti tiga orang calon.

Kapolsek Sumber AKP Bibit AS kepada MataAir Radio membenarkan, Sudadi dititipkan di Mapolsek. Pihaknya belum akan memproses yang bersangkutan karena polisi kini tengah fokus mengamankan pilkades.

Menurut Kapolsek, Pilkades Jadi memang terbilang rawan konflik. Selain itu, Desa Ronggomulyo dan Tlogotunggal juga terbilang rentan gesekan karena melibatkan duel orang kuat di desa setempat.

Khusus di Desa Tlogotunggal, kerawanan gesekan menjadi semakin tinggi karena tempat pemungutan suara tidak berada di balai desa, tetapi di lapangan desa setempat. Pihaknya berharap, setiap tim sukses alias sabet bisa menahan diri dari tindak anarkhis dan provokasi.

Disinggung mengenai kerentanan konflik di Desa Sekarsari Kecamatan Sumber, Kapolsek malah menyebutnya kondusif. Padahal, sebelum coblosan sempat nyaris terjadi jotosan antarpendukung calon.

Sementara itu, Wakil Bupati Rembang Abdul Hafidz dan Wakil Ketua DPRD Suwanto tampak memantau jalannya pilkades di sejumlah desa di Kecamatan Kaliori dan Sumber. Hafidz meminta warga menjaga suasana damai dan saling menahan diri serta tidak mudah terpancing oleh provokasi oknum yang tak bertanggungjawab. (Pujianto)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan