Tujuh Bakal Caleg Gerindra Tak Memenuhi Syarat

Selasa, 11 Juni 2013 | 14:57 WIB
Bendera Parpol

Bendera Parpol

REMBANG, MataAirRadio.net – Berkas tujuh bakal caleg dari Partai Gerindra dan satu bacaleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang.

Selasa (11/6) siang sekitar pukul 13.00 WIB, KPU Kabupaten Rembang menyerahkan berita acara hasil perbaikan berkas bakal caleg kepada masing-masing pengurus partai politik serta mengumumkan nama-nama yang lolos dalam daftar caleg sementara (DCS) dari 12 parpol peserta Pemilu 2014.

Berkas tujuh bakal caleg dari Partai Gerindra yang tidak memenuhi syarat itu atas nama Muhamad Lutfi Hakim, Ambar Daidar, Deni Wahyu Efendi, Warsih, Darus Cahyadi, Ahmad Setyo Widodo, dan Heri Sugiharto. Sementara satu berkas bakal caleg dari PKB atas nama Zaenal Abidin.

Ketua KPU Muhammad Affan menjelaskan, berkas bakal caleg dari Partai Gerindra yang tidak memenuhi syarat itu lantaran fotokopi KTP yang dilampirkan sudah kedaluwarsa dan salinan ijazah SLTA-nya belum dilampirkan. Namun, untuk satu bakal caleg dari PKB, itu karena yang bersangkutan tidak melampirkan surat keterangan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan.

Affan memastikan, bakal caleg yang berkasnya sudah dinyatakan tidak memenuhi syarat, tidak lagi bisa diperbaiki, kecuali ada langkah atau putusan hukum tetap misalnya dari PTTUN yang mengamanatkan KPU harus memperbaikinya.

Mereka yang tidak memenuhi syarat itu pun dipastikan tidak akan dicantumkan dalam daftar calon sementara atau DCS yang diumumkan secara luas mulai 13 Juni 2013.

Affan menambahkan, dengan adanya delapan berkas bakal caleg yang tidak memenuhi syarat, maka jumlah dalam DCS ada sebanyak 456 orang calon sementara anggota legislatif.

Dari jumlah 456 DCS tersebut masih ada sepuluh orang yang dinyatakan belum memenuhi syarat yaitu dari Partai Nasdem dua orang, Partai Gerindra dan PPP masing-masing tiga orang, serta Partai Demokrat, PKB, dan Partai Hanura masing-masing satu orang.

Status belum memenuhi syarat secara umum disebabkan oleh belum adanya surat dari pejabat yang berwenang karena diantaranya masih berstatus sebagai anggota DPRD yang pindah partai, kepala desa, dan PNS. Mereka-mereka ini masih diberikan waktu paling lambat 1 Agustus 2013 untuk melengkapinya. (Pujianto)

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan