Kemungkinan Caleg Ganda, KPU Intensifkan Verifikasi

Minggu, 28 April 2013 | 15:37 WIB
Partai Peserta pemilu 2014

Partai Peserta pemilu 2014

REMBANG, MataAirRadio.net – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rembang mengintensifkan verifikasi berkas daftar caleg sementara (DCS) terkait kemungkinan adanya bakal caleg yang didaftar ganda melalui dua partai politik.

Ketua KPU Kabupaten Rembang Muhammad Affan saat dihubungi reporter MataAir Radio melalui saluran telepon, Minggu (28/4) siang mengatakan, saat ini pihaknya tengah meneliti kelengkapan berkas dari setiap bakal caleg yang didaftarkan masing-masing partai politik.

Pihaknya menyatakan akan secara cermat melakukan verifikasi, termasuk di dalamnya adalah melakukan verifikasi ijazah. Ia menjelaskan, fokus verifikasi ijazah adalah pada kebenaran dan keabsahannya.

Sejauh ini, Affan menegaskan, belum ada sesuatu yang dinilai pihaknya mencurigakan terkait caleg ganda maupun ijazah yang dicurigai tidak sesuai ketentuan atau palsu.

Ketua KPU asal Pamotan ini juga mengatakan, terkait dengan jumlah pasti kepala desa yang maju sebagai bakal caleg, pihaknya belum bisa memilahnya.

Ia menyebutkan, rekap tentang ada atau tidaknya caleg ganda maupun jumlah kades yang maju dalam bursa Pemilu Legislatif pada 2014, baru akan bisa diketahui pada akhir-akhir menjelang pengumuman hasil verifikasi DCS.

Pihak KPU Kabupaten Rembang juga memastikan, setiap bakal caleg yang merupakan kepala desa wajib mengantongi surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri ini meski masih dalam proses, kata Affan menegaskan, adalah sebagai bukti bahwa kades yang bersangkutan telah berhenti dari jabatannya.

Untuk diketahui, masa verifikasi berkas daftar caleg sementara atau DCS berlangsung selama 14 hari terhitung sejak 23 April hingga 6 Mei 2013. Setelah itu, pihak KPU Kabupaten Rembang akan mengumumkannya dan setiap partai politik memiliki waktu untuk memperbaiki berkas dari bakal caleg yang telah didaftarkan pada 9-22 Mei 2013. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan