BPBD Rembang Terima Pinjaman Kendaraan Operasional

Rabu, 8 Februari 2012 | 08:55 WIB


REMBANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang menerima pinjaman tiga unit sepeda motor trail dari BPBD Jawa Tengah untuk menunjang operasional penanganan kebencanaan daerah itu.

Kepala BPBD Kabupaten Rembang, Suharso, Rabu (8/2) mengatakan, tiga unit sepeda motor tersebut dipinjam-pakaikan kepada pihaknya karena sampai saat ini BPBD sampai belum memiliki kendaraan operasional.

“Kami badan baru dan sama sekali belum memiliki kendaraan operasional. Selain tiga unit sepeda motor trail, BPBD Provinsi Jawa Tengah juga memberikan bantuan seperangkat komputer dan satu unit mesin fax,” kata dia.

Suharso mengemukakan, pada masa awal operasi BPBD, pihaknya memang gencar mengusulkan sejumlah peralatan dan perlengkapan untuk menunjang operasional penanganan kebencanaan.

“Kami juga mengusulkan satu unit mobil komando dan satu unit mobil reaksi cepat kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). BPBD memang harus dilengkapi sejumlah peralatan standar. Itu sudah pakemnya memang,” kata dia.

Menurut dia, jika BPBD setempat hanya bersandar pada kemampuan daerah, maka peralatan dan perlengkapan penunjang tersebut baru akan bisa dipenuhi dalam waktu yang relatif panjang. “Sebab, anggaran daerah untuk keperluan ini memang sangat terbatas. Sementara penanganan terhadap bencana jelas tidak bisa ditunda,” tandas dia.

Ia menambahkan, selain usulan satu mobil komando dan satu mobil reaksi cepat tersebut, pihaknya juga mengusulkan dua unit perahu karet ke BNPB. “Rembang memiliki cukup panjang wilayah pantai dan perairan. Keberadaan perahu karet diperlukan,” kata dia.

Pihaknya pun sedang mempersiapkan pindah ke kantor baru BPBD di eks Kantor Kebersihan dan Pertamanan di Jalan Pemuda Rembang. “Kami akan segera menempati kantor baru. Di kantor baru nanti, kami akan fokus untuk merumuskan langkah penanggulangan bencana di kabupaten ini secara lebih intensif,” kata dia. (Puji)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan