Pernah Bocor, PDAM Rembang Normalisasi Saluran Pipa

Rabu, 4 September 2013 | 16:47 WIB
Normalisasi pipa PDAM Rembang dilakukan mengingat adanya sejumlah pipa besar yang mengalami kebocoran. (Foto:Ilyas)

Normalisasi pipa PDAM Rembang dilakukan mengingat adanya sejumlah pipa besar yang mengalami kebocoran. (Foto:Ilyas)

PAMOTAN, MataAirRadio.net – Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Rembang melakukan normalisasi saluran pipa di beberapa titik untuk meningkatkan pelayanan bagi pelanggan. Petugas menormalisasi saluran dengan membuka pipa untuk membuang gas di dalamnya.

Winarto, petugas teknik PDAM Lasem, Rabu (4/9) siang mengatakan, normalisasi itu juga dilakukan mengingat adanya sejumlah pipa besar yang mengalami kebocoran. Dengan cara ini, pelayanan terhadap pelanggan di wilayah yang jauh dari jangkauan, tetap terjaga optimal.

Menurut catatan dari pihak PDAM, kebocoran pipa besar terjadi di beberapa titik, antara lain di kawasan Watu Celeng dan Plangkiran Kecamatan Sedan.

Winarto juga menjelaskan, secara teknis, saluan pipa air PDAM yang pecah akan kemasukan oksigen berlebihan. Kandungan oksigen yang berlebih bisa memicu terulangnya kebocoran di sepanjang saluran pipa.

Menurutnya, kebocoran saluran pipa air PDAM di sejumlah tempat beberapa waktu lalu, murni karena faktor alam. Ia meyakini, kebocoran bukan terjadi karena umur teknis pipa atau kualitas pipa saluran yang sudah tua.

Terakhir kali, luapan air dari pipa PDAM terjadi di saluran kawasan Desa Bangunrejo Kecamatan Pamotan, Rabu (4/9) pagi . Kebocoran besar di saluran pipa tersebut sempat menjadi tontonan warga, karena air sempat meluber hingga badan jalan. (Ilyas al-Musthofa)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan