Pelimpahan Berkas Muttaqin ke Pengadilan Tipikor Terkendala PKN

Tuesday, 3 December 2013 | 17:01 WIB
Abdul Muttaqin, tersangka korupsi proyek PPID tahun 2o11 (Foto:Nug)

Abdul Muttaqin (baju lengan panjang), tersangka korupsi proyek PPID tahun 2o11 (Foto:Nug)

REMBANG, MataAirRadio.net – Pelimpahan berkas perkara kasus dugaan korupsi proyek PPID dengan tersangka Abdul Muttaqin ke Pengadilan Tipikor Semarang, terkendala hasil perhitungan kerugian negara atau PKN dari BPKP Jawa Tengah. Sampai dengan Selasa (3/12) ini, hasil PKN itu belum turun, sementara berkas perkaranya nyaris lengkap.

Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Rembang Ali Mukhtar mengungkapkan, dari hasil komunikasi pihaknya dengan BPKP, PKN kasus PPID itu akan turun paling lambat akhir pekan ini. Hasil perhitungan tinggal menunggu tanda tangan dari Kepala BPKP Jawa Tengah.

Ali membenarkan, berkas perkara tersangka Abdul Muttaqin tinggal menunggu PKN untuk dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor di Semarang. Sementara untuk tersangka Agus Supriyanto, pihaknya masih harus melakukan pemeriksaan tambahan kepada Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Rembang ini.

Pihak Kejaksaan Negeri Rembang memastikan akan melimpahkan berkas tersangka Abdul Muttaqin terlebih dahulu, tanpa harus menunggu penyelesaian pemeriksaan terhadap Agus Supriyanto. Ali Mukhtar menyebutkan, secara urutan, memang berkas Muttaqin yang mestinya pertama kali dilimpahkan dalam kasus dugaan korupsi proyek senilai Rp1,5 miliar ini.

Berdasarkan pemeriksaan, pihak kejaksaan belum akan menetapkan lagi tersangka lain dalam kasus dugaan korupsi proyek percepatan pembangunan insfrastruktur desa tahun 2011. Sejauh ini, dari 15 saksi yang diperiksa untuk tersangka Agus Supriyanto, belum ada satu pun yang mengarah kepada adanya tersangka baru.

Belakangan ini, penyidik di Kejaksaan Negeri Rembang memeriksa lima orang saksi di antaranya perwakilan dua OMS atau organisasi masyarakat setempat, perencana proyek, dan mantan petinggi di  CV Amir Hajar Kilsi.

Pada kasus dugaan korupsi PPID tahun 2011, Kejaksaan Negeri Rembang sudah menetapkan dua orang sebagai tersangka, yaitu PPK atau Pejabat Pembuat Komitmen PPID Abdul Muttaqin serta Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Rembang, Agus Supriyanto.

Namun baru Abdul Muttaqin yang ditahan oleh Kejaksaan Negeri Rembang pada 6 November lalu. Kejaksaan memperkirakan ada kerugian negara hingga Rp800 juta pada kasus ini. (Pujianto)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan