Awas Tikungan Ceples

Wednesday, 15 May 2013 | 17:07 WIB
Mengelupasnya sebagian besar aspal, banyaknya lubang, serta medan yang sedikit menikung rentan menimbulkan bahaya bagi pengendara. (Foto:Zam)

Mengelupasnya sebagian besar aspal, banyaknya lubang, serta medan yang sedikit menikung rentan menimbulkan bahaya bagi pengendara. (Foto:Zam)

PAMOTAN, MataAirRadio.net – Bagi Anda yang sering berkendara dari arah Pamotan menuju Sedan atau sebaliknya, sepatutnya berhati-hati. Sebab, kondisi jalan di wilayah itu sangat memprihatinkan, terutama di Tikungan Ceples Desa Bangunrejo Kecamatan Pamotan. Mengelupasnya sebagian besar aspal, banyaknya lubang, serta medan yang sedikit menikung rentan menimbulkan bahaya bagi pengendara.

Winarno, seorang warga setempat kepada reporter MataAir Radio, Rabu (15/5) pagi mengungkapkan, kondisi jalan di wilayah itu, terutama Tikungan Ceples semestinya sudah mendapatkan perbaikan. Apalagi, statusnya merupakan Jalan Provinsi Jawa Tengah.

Ia menyebutkan, kecelakaan sudah cukup sering terjadi di wilayah Tikungan Ceples. Yang terbaru, sekitar dua pekan lalu sebuah truk terguling saat berusaha menghindari lubang jalan di sekitar tikungan tersebut. Selain itu, pada saat curah hujan tinggi, sering pula sepeda motor terpeleset saat melintas.

Winarno mengungkapkan, kondisi jalan yang “super” buruk sudah berlangsung sejak lama dan selama ini, perbaikan dilakukan dengan tambal sulam dan diuruk menggunakan pasir pedel atau batu.

Hakimah, seorang pengendara yang cukup sering melewati daerah itu mengatakan, lubang di jalan Tikungan Ceples jumlahnya sudah cukup banyak. Bahkan, cukup sulit bagi pengendara untuk menghindari keberadaan lubang lantaran jarak antarlubang sangat dekat.

Belum lagi, saat hujan deras mengguyur, permukaan jalan yang sebagian besar sudah tidak beraspal itu menjadi sangat licin. Ia berharap, pemerintah cepat tanggap dan segera turun tangan guna memperbaiki kerusakan.

Apalagi, pada malam hari, penerangan jalan di wilayah itu cukup minim. Kondisi tersebut membuat pengendara tidak cukup jelas melihat keberadaan lubang.

Infrastruktur jalan di sebagian besar wilayah di Rembang timur, memang menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Pemerintah. Tidak hanya di Pamotan, di Kragan pun saat ini banyak jalan yang kondisinya memprihatinkan. Ruas jalan Pandangan-Sendangwaru misalnya, pada saat hujan deras mengguyur permukaan aspal tidak terlihat lantaran digenangi air hujan.

Di Sale juga demikian. Sejauh ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sedang melakukan perbaikan di ruas Sale-Ngandang. Perbaikan, sejauh ini berupa pemasangan cor di salah satu sisi jalan sepanjang kurang lebih empat kilometer. (Ilyas Almustofa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan