BPBD Alokasikan Rp54juta untuk Rehabilitasi Pasar Sumber

Rabu, 19 Desember 2012 | 19:50 WIB

REMBANG – MataAirRadio.net, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp54juta untuk merehabilitasi satu lokal Pasar Desa Sumber yang terbakar pada Sabtu siang 24 November 2012.

Kepala Pengelola Pasar Sumber, Jarwono kepada reporter MataAir Radio, Rabu (19/12) mengungkapkan, gelontoran anggaran sebesar itu diambilkan dari kucuran APBD 2013.

Hanya menurut Jarwono, pihaknya belum mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kapan rehabilitasi satu lokal sisi selatan pasar yang dikelolanya itu, dilakukan.

Pihaknya berharap, rehabilitasi pasar dilakukan pada Januari mendatang, karena para pedagang korban kebakaran berharap banyak bisa segera berdagang secara normal.

Kepala Pengelola Pasar Sumber, Jarwono menyebutkan, dari gelontoran anggaran sebesar Rp54juta, sebanyak Rp50juta di antaranya akan digunakan untuk merehabilitasi bangunan pasar, sedangkan empat juta rupiah lainnya akan digunakan untuk membantu pedagang korban kebakaran.

Jarwono juga menyebutkan, dari enam korban kebakaran Pasar Desa Sumber, bantuan masing-masing satu juta rupiah hanya akan diberikan kepada empat pedagang yang dagangannya ludes, masing-masing Joko Suyanto, Yitno, Maskuri, dan Sugiyo.

Sementara, dua pedagang lainnya masing-masing Selamet dan Nanik Winarni, tidak mendapatkan bantuan lantaran tingkat kerusakannya sangat ringan, dan hampir seluruh dagangannya bisa diselamatkan.

Namun, penggelontoran anggaran sebesar Rp54juta untuk rehabilitasi Pasar Desa Sumber itu masih menyisakan pertanyaan. Sebab, Pasar Desa Lodan Wetan di Kecamatan Sarang yang terlebih dahulu terbakar pada pertengahan Juli lalu, justru belum ada penanganan dari BPBD.

Kepala BPBD Kabupaten Rembang Suharso saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya memang belum mengalokasikan anggaran penanganan Pasar Lodan Wetan. Pihaknya pun enggan membeber lebih jauh alasannya. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan