35 Penderita Katarak Dioperasi Secara Gratis

Saturday, 8 December 2012 | 15:30 WIB

Pasca Operasi : Senyum Bahagia Pasien Operasi Katarak dan Tim Medis RSI Arafah Rembang

REMBANG – MataAirRadio.net, Sebanyak 35 orang penderita katarak di Kabupaten Rembang mendapatkan layanan operasi secara gratis oleh Rumah Sakit Islam (RSI) Arafah Rembang, Sabtu (8/12) pagi.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSI Arafah Rembang, dokter Hj Sri Soelistyaningsih kepada reporter MataAir Radio, mengatakan, operasi katarak gratis merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka ulang tahun ketiga RSI Arafah bekerja sama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) dan PT Sidomuncul Semarang.

Selain itu, operasi katarak gratis juga sebagai bentuk kepedulian dari Rumah Sakit Islam Arafah Rembang terkait pelayanan sosial berupa pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat.

Dengarkan rekaman di sini.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSI Arafah Rembang, dokter Hj Sri Soelistyaningsih mengatakan, katarak merupakan kekeruhan yang terjadi pada sebagian atau seluruh bagian lensa mata.

Penyebab katarak di antaranya karena faktor usia, kecelakaan, terganggunya metabolisme tubuh akibat penyakit berkepanjangan, bawaan lahir atau bahkan keracunan.

Gejala yang dirasakan oleh penderita katarak antara lain penglihatan yang berkabut, silau, dan apabila dilihat dengan bantuan cahaya pada pupil akan terlihat keruh.

Sebenarnya, katarak merupakan salah satu penyakit yang dapat diterapi, namun hingga saat ini banyak masyarakat yang belum mengetahui hal tersebut.

Dengarkan rekaman di sini.

Sri Soelistyaningsih menyatakan secara umum kegiatan berjalan lancar. Bahkan, menurutnya, kegiatan operasi katarak secara gratis itu mendapatkan respon yang luar biasa dari masyarakat, sehingga tidak semua warga yang mendaftar dapat terlayani karena keterbatasan kuota.

Sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat, pada masa mendatang, pihak Rumah Sakit Islam Arafah Rembang berencana mengadakan keegiatan serupa dengan skala yang lebih besar. (Muhtarom)




One comment
  1. Wahyu Salvana

    December 10, 2012 at 9:04 am

    bentuk lain dari “bakti dan pengabdian kepada masyarakat”, semoga bisa diikuti oleh instasi (swasta dan negeri) maupun ormas, dll..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan