1.044 Warga Rembang Sandang Disabilitas

Senin, 19 November 2012 | 15:25 WIB

warga rembang cukup banyak yang menyandang disabilitas

Rembang – MataAirRadio.net,  Sebanyak 114.805 warga di Kabupaten Rembang masih tergolong sebagai Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Dari jumlah tersebut, 1.044 orang diantaranya merupakan penyandang cacat tubuh atau disabilitas, baik pada anak-anak maupun dewasa.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pelayanan Rehabilitasi dan Bantuan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Rembang, Prapto Raharjo kepada reporter MataAir Radio, Senin (19/11).

Menurut Prapto Raharjo, bagi para penyandang disabilitas, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan sebuah asuransi di Yogyakarta terkait penyediaan pembinaan dan keanggotaan serta insurance atas alat bantu bagi penyandang disabilitas.

Dengarkan rekaman disini.

Prapto Raharjo juga mengatakan, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap PMKS, misalnya mengirimkan mereka yang mau untuk mengikuti pelatihan ketrampilan.

Seperti pada 2013, pihaknya pun berencana kembali mengirimkan penyandang disabilitas untuk mengikuti pelatihan ketrampilan di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Jawa Tengah. Rencana itu berlaku tidak saja untuk yang ada di dalam panti rehabilitasi, tetapi juga bagi penyandang disabilitas yang tinggal di luar panti atau di rumahan.

Dengarkan rekaman disini.

Kepala Bidang Pelayanan Rehabilitasi dan Bantuan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Rembang, Prapto Raharjo menambahkan, jumlah PMKS ataupun penyandang disabilitas mungkin bertambah akibat kecelakaan atau yang diakibatkan oleh cacat sejak lahir. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan