SMP Negeri 2 Sumber Menunggu “Ajal”

Kamis, 28 November 2013 | 15:41 WIB
SMP Negeri 2 Sumber  yang berada di wilayah Desa Logung Kecamatan Sumber hanya memiliki 31 siswa, (Foto:Puji)

SMP Negeri 2 Sumber yang berada di wilayah Desa Logung Kecamatan Sumber hanya memiliki 31 siswa, (Foto:Puji)

SUMBER, MataAirRadio.net – Kelangsungan SMP Negeri 2 Sumber pada tahun ajaran baru mendatang, terancam. Saat ini, SMP yang berada di wilayah Desa Logung Kecamatan Sumber itu hanya memiliki 31 siswa, itupun hanya di Kelas IX atau kelas akhir. Praktis sekarang tidak ada satu pun siswa di Kelas VII dan VIII.

Wakil Kepala SMP Negeri 2 Sumber, Mohamad Sukron mengungkapkan, pada tahun ajaran baru kemarin, sekolahnya membuka penerimaan peserta didik baru. Namun nyaris tidak ada pendaftar. Hanya ada seorang siswa penyandang cacat yang mendaftarkan diri, namun karena pertimbangan efektivitas pembelajaran, pihak sekolah menolaknya.

Pada tahun ajaran baru mendatang pun, SMP Negeri 2 Sumber terancam tidak mendapatkan lagi siswa baru. Sebab, berdasarkan survei terhadap potensi siswa lulusan SD yang melanjutkan pendidikan ke SMP, hanya ada 58 siswa berasal dari SD di Mlatirejo Kecamatan Bulu dan Logung, Logede, serta Pelemsari Kecamatan Sumber.

Itupun masih direbut bersama SMP Negeri 2 Bulu dan MTs Miftahul Ulum Krikilan Kecamatan Sumber. Khusus MTs Miftahul Ulum, menurut Sukron, bahkan telah gencar promosi untuk menampung lulusan dari sejumlah SD di desa-desa tersebut.

Lantaran hanya di Kelas IX yang bermurid, sejumlah guru kini kelimpungan untuk memenuhi jatah jam mengajar agar tetap bisa mempertahankan sertifikasi pendidik. Sukron menyebutkan, ada 23 orang guru berstatus PNS di sekolahnya.

Kendati 31 siswa yang ada dibuat dalam dua kelas, tetap saja, syarat 24 jam mengajar dalam satu minggu sebagai syarat guru bersertifikasi, sulit dipenuhi. Pihak sekolah bahkan mengungkap, ada beberapa guru yang mengajar di sekolah lain untuk mengejar kekurangan jam tatap pembelajaran.

Dari komunikasi sekolah dengan pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, status SMP Negeri 2 Sumber memang belum dibekukan. Namun melihat potensi siswa yang ada, dia berpendapat, akan lebih baik SMP Negeri 2 Sumber, difokuskan untuk perkembangan SMK Negeri 1 Sumber yang kini memang tinggal satu atap.

Dikonfirmasi mengenai nasib SMP Negeri 2 Sumber, Pejabat Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Noor Effendi mengaku masih harus mempelajarinya. Dia belum bisa menyebut bahwa SMP tersebut ditutup pada tahun depan, meski potensi siswanya sangat minim.

Pihaknya terlebih dahulu akan berkoordinasi dengan jajaran dan Pimpinan Daerah Kabupaten Rembang untuk menentukan nasib SMP Negeri 2 Sumber di tahun depan. Namun dia membenarkan, perkembangan SMK Negeri 1 Sumber memang sedang baik. (Pujianto)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan