Ratusan Sekolah di Rembang Beralih ke KTSP Mulai Senin

Minggu, 4 Januari 2015 | 19:08 WIB
kurikulum 2013

Ilustrasi (Foto:re-design mataairradio.com)

REMBANG, mataairradio.com – Ratusan sekolah di Kabupaten Rembang mulai Senin 5 Januari 2015 akan kembali menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP alias Kurikulum 2006.

Kepala Dinas Pendidikan Rembang Noor Effendi menyatakan, tidak ada satu pun sekolah di luar yang menjadi percontohan Kurikulum 2013, ingin ikut menerapkan kurikulum baru di semester genap ini.

“Kami sempat menawarkan kepada setiap sekolah, namun masih belum ada yang siap, jika (Kurikulum 2013) untuk semester kedua tahun ajaran ini,” ungkapnya.

Menurutnya, di sekolah yang belum menerapkan kurikulum baru, dinas akan memanfaatkannya untuk melatih guru dan kepala sekolah terkait Kurikulum 2013.

“Soal buku pegangan siswa versi Kurikulum 2013 yang terlanjur dipesan dan dikirim, kami sudah menyikapi,” katanya.

Effendi mengaku telah meminta setiap sekolah untuk menempatkannya sementara di perpustakaan.

Dia mengungkapkan bahwa aturan pemanfaatan buku kurikulum anyar yang kadung diterima sekolah, sudah pernah disampaikan pada sosialisasi yang melibatkan sekolah, penilik dan pengawas sekolah, serta UPT Dinas Pendidikan di tiap kecamatan.

“Kurikulum 2013 tetap akan diterapkan, namun secara bertahap sambil menunggu evaluasinya di tingkat Pusat,” terangnya.

Meski demikian, dia berencana menerapkan kurikulum baru itu pada tahun depan, berlaku untuk sekolah inti. Kalau untuk semua sekolah, menurutnya, baru pada 2019.

Di Kabupaten Rembang, dari 408 SD, 105 SMP, 34 SMA, dan 17 SMK, setidaknya hanya empat sekolah yang sudah tiga semester menerapkan Kurikulum 2013, yaitu SMK Negeri 1 Rembang, SMA Negeri 1 Rembang, SMP Negeri 2 Rembang, dan SMP 1 Lasem.

Dengan diberikannya kesempatan untuk kembali menerapkan KTSP di semester genap, sejumlah kepala sekolah dan guru di Rembang mengaku bisa lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri sembari menunggu hasil evaluasi dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah.

 

Penulis: Pujianto
Editor: Pujianto

Bagikan untuk keluarga Anda!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Disclaimer: Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan editorial redaksi mataairradio.com. Redaksi berhak mengubah kata-kata yang berbau pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan